Indahnya Air Terjun Cibeureum – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Akhirnya jadi juga ke air terjun Cibeureum. Beberapa bulan lalu aku udah sempet ke sini tapi tiba-tiba aja gerimis, akhirnya kita menunda ke air terjun Cibeureum. Saat itu aku kesel sih tapi setelah merasakan perjalanannya, aku bisa bilang “untung saja kemarin ga jadi”.

Aku otw dari rumah jam 7 kurang, sampe di parkiran mobil Perkemahan Mandalawangi sekitar jam 9. Macet di pasar aja kok, lama karna aku makan pagi dulu. Buat kamu yang bawa mobil bisa parkir di depan pintu masuk Perkemahan Mandalawangi. Ohiya, disarankan pake sepatu atau sendal gunung ya guys.

Masuk ke Kawasan Objek Wisata Cibodas dikenakan biaya tiket masuk 12K/orang dan kendaraan berdasarkan jenisnya.

Air Terjun Cibeureum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Jalan menuju air terjun Cibeureum itu sama seperti jalur untuk pendakian ke Gunung Gede Pangrango, nanti ada pertigaan yang memisahkan antara ke air terjun dan pendakian.

Dari parkiran sampai ke tempat retribusi yang kedua ga jauh kok. Karna kita pergi hari kerja jadi dikenakan biaya 16K/orang untuk karcis masuk pengujung Wisata Alam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jalan menuju air terjun Cibeureum 80% tangga berbatu, jadi lumayan cape buat aku yang jarang olahraga. Tenang, ada bonusnya kok tapi ga banyak ya. Setelah 30 menit berjalan kita sampai di Telaga Biru. Ah.. indah sekali.

Telaga Biru Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Aku ga lama di sini, istirahat sebentar, foto dan langsung jalan lagi. Berhenti di sini lumayan banget buat mengistirahatkan kaki, berasa kaki lebih enteng pas lanjut jalan. Setelah 10 menit berjalan ketemu Rawa Gayonggong.

Rawa Gayonggong Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Wah.. pemandangannya bagus banget, Gunung Pangrangonya terlihat jelas. Coba waktu itu aku maksain tetep jalan, mungkin Pemandangan Gunung Pangrangonya tertutupi oleh kabut. Senangnya aku ke sini di saat lagi cerah. Saat di jembatan hati-hati ya, ada beberapa bagian yang udah bolong.

Air Terjun Cibeureum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Lanjut lagi jalan sampai bertemu pertigaan Persinggahan Rawangcangan, nah kita ambil yang kanan untuk ke air terjun. Dari sini udah semakin deket sama air terjunnya.

Akhirnya sampai juga… setelah 1 jam lebih dikit kita sampai juga di Air Terjun Cibeureum. Rasa capenya langsung ilang dengan pemandangan yang ada.

Terpantau air terjunnya ada 2 yang terlihat mata, 1 tidak keliatan karena harus effort dulu agak ke dalam. Karna si jo udah berkali kali ke sini dia menyarankan untuk ke air terjun yang agak effort dulu. Ga jauh kok cuman jalannya agak tertutupi oleh tanaman di sekelilingnya.

Air Terjun Cibeureum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Karna airnya luber, pas aku injek airnya aku cuman bisa bilang “Gila dingin banget!!”. Berasa berjalan di air es. Aku sempet merasakan kaki nyeri karna saking dinginnya. Yang tadinya mau mandi ga jadi loh karna ini dingin banget hahaha.

Setelah itu aku balik lagi ke air terjun yang depan. Aku agak heran kenapa air terjun yang depan dan yang belakang rasa dinginnya beda. Katanya sih karna air terjun yang di depan terpapar sinar matahari sedangkan yang dibelakang engga.

Awalnya mau mandi di air terjun yang di depan tapi karna cuman sendiri, kikuh aja gitu akhirnya cuman melihat dan memandangi sambil cebur kaki.Walau agak nyesel sih, padahal udah bawa baju ganti.

Setelah merasa puas menikmati air terjun Cibeureum aku balik untuk camping di Mandalawangi.

Buat kalian yang mau baca cerita aku camping di Danau Mandalawangi bisa klik link ini.

Aku turun itu sekitar jam 11an, sampai di Rawa Gayonggong pemandangan Gunung Gede Pangrangonya sudah tidak bisa terlihat alias tertutup kabut. Menurutku buat kalian yang mau ke sini lebih baik pagi hari dan dalam kondisi cuaca tidak mendung/hujan. Setelah 50 menit berjalan sampai juga diparkiran mobil.

Begitulah keseruanku ke air terjun Cibeureum! Ayo ke sini! Eh kalau kamu jarang olahraga siap siap betis kenceng ya hehehe.

Untuk lokasinya bisa parkir di sini ya.