Wisata

Explore Bima 2D1N dengan budget kurang dari 500ribu

Bima punya pink beach?

Bima ini destinasi yang pingin gue kunjungin tapi ga tau mau kemana aja. Kalau mau ke Bima itu lebih terkenal dengan mau ke kecamatan Sape (Pink Beach) atau mau ke Dompu (gunung Tambora). Nah kali ini gue singgah ke Sape. Sebenernya Sape itu banyak destinasinya.. ada pulau Bajo, pulau Uler, pulau Kelapa dan pantai pantai di deket pulau Kelapa kaya pantai Tanjung Mariam cuman butuh waktu lebih dari sehari. Sedangkan gue di Bima cuman 2D1N.

Gue sampe Bima jam 11am menggunakan Nam Air. Kita langsung menuju ke Uma Lengge di desa Wawo, perjalanan ke sana menempuh lebih dari 1 jam. Sampe Uma Lengge sebenernya gue rada bingung sih soalnya ga ada yang bisa gue tanya.

Uma Lengge
Sumber : @baratabcd

Kalau kalian mau tau sejarah dari Uma (rumah) Lengge (mengerucut) bisa liat google kali yah.. karna ga ada penjaganya jadi kita ga bisa masuk ke dalam Uma Lengge, cuman bisa foto-foto dari depan aja.

Setelah leyeh-leyeh sebentar kami langsung menuju ke pelabuhan Sape untuk nego kapal ke pantai Pink Beach dan Nisa Ndoko. Alhamdulillah kita dapet diharga 1jt sama bang Bayu. Kalau kalian mau sekalian ke pulau Kelapa juga bisa dengan harga 2,5jt. Pulau Kepala tuh sekali berangkat 3 jaman deket sama pulau Komodo. Dari sana kita langsung cari penginapan yang deket pelabuhan. Setelah melihat melihat kita nginep di penginapan Aussaf, soalnya paling bersih dan pake AC dengan harga 200rb/kamar.

Destinasi selanjutnya adalah pantai Lariti, ga jauh kok dari penginapan. Selama perjalanan ke pantai Lariti indah banget! Saking indahnya sampe lupa buat dokumentasi. Ada biaya masuknya 10rb dan biaya parkir 10rb.

Pantai Lariti
Sumber : @stephanieliazar

Sebenernya ada pasir timbulnya tapi karna lagi pasang jadinya ga keliatan deh. Kalau kalian mau liat pasir timbulnya juga untung untungan, soalnya tergantung bulan dan hari.

Kami menghabiskan waktu cukup lama di Lariti. Dari sana kita maju sedikit untuk menikmati sunset. Suka sama pantulan sunsetnya!

Yuk baca juga: Sehari di Baduy Dalam

Kawasan Pantai Lariti
Sumber : @baratabcd

Perut keroncongan waktunya cari makan malam. Cukup susah cari makan di Sape, kita harus ke daerah pasar. Pilihannya juga ga banyak, palingan baso, nasi goreng dan nasi padang. Jangan lupa ke warung untuk amunisi di penginapan.

Hari kedua kami bangun jam set 5 am karna mau nyebrang ke Pink Beach. Perjalanan dari pelabuhan Sape ke Pink Beach kurang lebih 1,5 jam. Selama perjalanan perutku sedikit terkocok karna ombak. Kalau jalan subuh tuh keuntungannya dapet sunset. Matahari terbit diantara bukit bukit indah sekali!

Sunset Menuju Pink Beach
Sumber : @baratabcd

Setelah 1,5jam kami sampai di pink beach.

Pink Beach
Sumber : @stephanieliazar

Omg pasirnya beneran pink.. lautnya biru terus bersih lagi.. udah gitu ga ada kapal lain selain kapal kami jadi kami bisa puas berenang, foto-foto dan menikmati. Disini ga ada biaya masuk ataupun toilet ya.. jadi alam aja udah hahahha. Seger banget berenang di sini.Pokoknya terbayar banget deh kalau kalian ke pink beach.

Setelah jarum jam menunjukkan angka jam 9 am kita harus bergegas ke pantai Nisa Ndoko yang mirip dengan Kelornya labuan bajo. Ga sampe 30 menit kita sampe.

Pulau Nisa Ndoko
Sumber : Penulis
Sumber : @baratabcd

Ternyata bener bener bener mirip Kelor cuman bedanya kalau disini trekkingnya ga nyampe 5 menit.

Yuk baca juga: Trip Labuan Bajo

Puncak Nisa Ndoko
Sumber : @dheajah_

Karna penerbangan kami jam 2 pm jadi kami hanya foto-foto sebentar lalu melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Sape untuk lanjut ke bandara. Sebelum sampe bandara kami menyempatkan diri ke bandeng presto di rumah makan Sabar Subur untuk membeli oleh oleh. Katanya bandengnya enak.

Saran aku kalau mau ke Bima prepare jauh-jauh hari dan jangan sabtu minggu biar bisa ke Dompu sekalian ke pulau Satonda dan pulau Moyo.

Yuk baca juga: Tebing tinggi di Bukittinggi

Pengeluaran selama di bima

• Sewa mobil 2 hari 1jt
  • penginapan 400rb/2kmr
  • sewa kapal ke Pink Beach 1jt

total sc/5org : 480rb (belum termaksud makan pribadi)

contact person

• Sewa mobil : 085333234135 (Arief)
  • sewa kapal : 085333180761 (bayu)

You may also like...

2 Comments

1. Hai Mir, salam kenal gue Raya. Gila, Bima keren banget ya. Paling enak share cost ya, harga lebih terjangkau. Informatif banget isinya, ah semoga someday bisa ke sini…

1. Halo raya.. iyah keren banget… diem diem keren hahahaha…
      bener emang sharecost kesukaan ku..