Camping di Bukit Perkemahan Mandalawangi Puncak Jawa Barat

Camping di Bukit Perkemahan Mandalawangi Puncak Jawa Barat

YEY!! Akhirnya camping juga, aku tau camping ini karna sempat mau ke air terjun Cibeureum terus ngedenger ada yang teriak teriak ternyata itu dari orang yang lagi camping. Makanya aku camping di sini, Perkemahan Mandalawangi. Aku kebagian bawa logistik, berhubung kita camping dari siang ke pagi aku menyiapkan bahan makanan untuk makan malam dan makan pagi.

Menu makanan untuk makan malam adalah spaghetti dan makan paginya telur, kentang dan sosis. Mau tau bahan apa aja yang aku bawa? Ini listnya:

  1. Spaghetti
  2. Bawang putih,merah,Bombay,cabe
  3. Mentega
  4. Sosis dan bakso kenzler yang siap jadi
  5. Keju slice
  6. Susu
  7. Garem
  8. Kentang
  9. Roti
  10. Selai coklat
  11. Kentang
  12. Buah

Karna aku camping setelah dari air terjun Cibeureum aku makan dulu di rumah makan depan parkiran mobil. Prasmanan dan kalian harus cobain dendengnya, enak loh! Btw ada masjid Al Ikhwan, nyaman banget buat solat di sana.

Setelah memastikan semua barang sudah terbawa kita langsung ke loket untuk membayar tiket masuk ke Bukti Perkemahan Mandalawangi.

Bukit Perkemahan Mandalawangi

Harga tiket hari kerja untuk berkemah umum 24K/orang. Dari loket ke Danau Mandalawangi membutuhkan 5 menit berjalan dengan kondisi turun naik dengan tangga berbatu.

Bukit Perkemahan Mandalawangi

Saat sampai camping ground aku aga bingung nih menentukan tempat yang pemandangannya bagus. Akhirnya kita pasang tenda dibagian atas. Agak nyesel sih aku pilih lokasi ini karna aku tidak menyadari lokasi yang aku pilih ini berbatu bukan tanah atau rumput jadinya berasa keras.

Bukit Perkemahan Mandalawangi

Kita langsung pasang tenda dan rapihkan barang barang. Di sini kamar mandinya banyak ya jadi tinggal pilih aja mana yang kosong. Istirahat, nyemil buah, solat dan tibalah masak makan malam. Aku sedih banget ternyata susunya ketinggalan padahal udah aku check sampe 2x loh tetep aja ada yang ketinggalan. Untungnya rasa spaghettinya tetep enak.

Bukit Perkemahan Mandalawangi

Udah makin malem tapi langitnya agak mendung padahal aku berharap bisa ngeliat bintang yang banyak di langit. Dalam keadaan gelap pas mau ke toilet aku ngerasa kaya ngeliat binatang tapi lebih gede dari kucing, aku mikir apa itu babi? Ah masa sih, mungkin itu kucing.

Aku seneng karna ga terlalu dingin banget tapi aku susah tidur karna badan aku pada sakit. Inilah pentingnya memilih lokasi untuk pasang tenda. Padahal udah pake matras dan sleeping bag tapi tetep berasa sakit. Sepertinya aku butuh kasur matras angin deh.

Btw dari aku mau tidur sampe kebangun berkali kali masih ada tuh yang karaokean. Ntah dari mana suaranya, sedikit menggangu ya. Aku juga denger ada beberapa orang yang baru sampe sekitar jam 12an, malah ada yang baru datang untuk camping jam 3 pagi.

Bener ya mendekati jam 3 suhunya makin dingin. Matahari sudah muncul tapi keadaannya agak mendung, jadi gunung pangrangonya tidak terlihat jelas. Ganjel perut pake roti dulu kali ya abis itu keliling danau. Agak nyesel juga ga ke air terjun Rawa Gede, aku baru tau setelah pulang hahaha.

Bukit Perkemahan Mandalawangi

Sudah jam 8, aku langsung masak untuk makan pagi hari ini. Ah.. aku suka sekali menunya.

Setelah ngaso kita mulai packing barang karna udah mulai panas. Mungkin kalian bisa cari spot yang tidak terpapar matahari langsung. Lalu pulang~

Ada beberapa hal yang perlu aku bawa ketika nanti camping lagi, yaitu:

  1. Lap/kanebo untuk lap piring dan makanan yang jatuh, sayang kalau pake tisu.
  2. Paperbag/plastic yang ga kepake untuk sampah dan baju kotor
  3. Soas, ini penting!!

Begitulah ceritanya, jadi kapan camping di Mandalawangi?

Mau tau lokasinya? klik di sini.

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *