Pengalaman Ku Klaim Asuransi Kartu Kredit

Pengalaman Ku Klaim Asuransi Kartu Kredit

Sebelum aku bercerita tentang pengalaman pertamaku claim kartu kredit karna meninggal dunia, disclaimer tujuan aku hanya sharing aja, siapa tau diluar sana ada yang kebingungan bagaimana menghadapi, jikalau ada anggota keluarga yang meninggal dunia dan masih memiliki tagihan yang masih tertagih.

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu harus tau, anggota keluarga (AK) kamu yang meninggal dunia punya riwayat memiliki kartu kredit ga? aku singkat AK aja ya biar gampang hahaha.

Taunya dari mana? coba check aja di dompetnya, ada kartunya ga, kalau misalnya dompetnya ilang, coba check di sms atau di emailnya. Kalau ga ada juga.. hem.. bilang aja ke pihak bank apa adanya kalau dihubungin.

Apa ajasih yang harus dilakukan apabila anggota keluarga kamu yang meninggal dunia memiliki kartu kredit dan ada asuransinya ?

1. Check dari kartunya, smsnya dan emailnya.

Kalau bisa buka email, check dari e-statementnya yang ada di email. Check juga ada asuransinya ga.

Cara Taunya ada asuransi gimana? Biasanya, setiap bulan dibebakan biaya asuransi. Nama biaya asuransinya credit protection / asuransi / langsung nama asuransinya.

Asuransi Panin Guard

Kalau memang ada bagus. Kalau ga ada kamu harus bersiap siap untuk membayarnya.

2. Kalau ada, maksimal 30 hari setelah tanggal kematian wajib lapor.

Setidaknya kamu melaporkan dulu bahwa AK yang memiliki kartu kredit, meninggal dunia lewat CS (customer service).

3. Siapkan data – data dibawah ini.

Pasti kamu diminta data – datanya seperti di bawah ini. Setidaknya kamu sudah mempersiapkan.

dokumen yang dibutuhkan asuransi
  • KTP, KK, Surat kematian kalau bisa di fotocopy terus di legalisir, minimal 10 lembar buat cadangan, karna setiap bank butuhnya yang dilegalisir.
  • Surat kematian dari dokter juga tuh, fotocopy 10 lembar terus dilegalisir biar ga bolak balik.
  • Beli materai di kantor pos yang banyak karna materai juga dibutuhkan.
  • Kalau ga punya sertifikat polis, cukup bikin surat pernyataan tapi tergantung banknya ya, ada yang harus bikin surat kehilangan di kantor polisi.
  • Kalau kamu punya asuransinya banyak, pastiin kronologisnya sama, tar beda – beda dikira nipu lagi hahaha

Kalaupun data diatas masih ada yang dalam pengurusan, bisa disusul kok. Setidaknya kurang dari 30 hari data kamu udah masuk ke pihak asuransi, katanya sih kalau udah lebih dari 30 hari proses claimnya jauh lebih lama, begitu juga dengan proses claim asuransi jiwa untuk pribadi.

Perlu diketahui, setiap bank memiliki cara yang berbeda – beda ya dalam claim asuransi.

Sejauh ini, aku claim asuransi berhasil ya, karna data data yang aku berikan juga asli. Kalau misalnya ada yang gagal, aku kurang tau tuh kenapa bisa gagal.

4. SURAT LUNAS

Ini wajib banget ya diminta untuk hidup yang lebih tenang dikemudian hari. Kenapa? Biar pasti bahwa udah lunas. Jangan sampe nanti ada biaya materai yang belum kebayar jadi menggunung dan berbunga. Inget yaa.. perlu diingat.

Apa kendala untuk claim asuransi kartu kredit karna meninggal dunia ?

Kendalanya palingan kaya gini:

1. Ditelfonin terus sama pihak bank, walaupun udah lapor ke cs bahwa kita lagi claim asuransi. Cape sih jawabin telfonnya, tapi yaa santai aja toh ada asuransi kok.  

2. Ada yang kolot banget harus lapor ke cabang ga bisa diurus via telfon walaupun lagi PSBB saat itu. Contohnya bank C**B.

3. Harus ke rumah sakit minta tanda tangan dokter untuk mengisi fomulir dari pihak asuransi.

Perlu diketahui ya, dalam proses claim pasti ada formulir dari pihak asuransi yang harus di ttd oleh dokter. Kalau asuransinya ada 5 gimana?

Nah.. kamu harus pastiin ke pihak rumah sakit, dokternya mau ga ttd. Biasanya ada maksimal pengajuan. Buat asuransi yang ga bisa di ttd dokter, kamu fotocopy aja formulir yang udah di ttd sama dokter dan buat pernyataan bahwa memang ada maksimal pengajuan dari rumah sakit.

Kalau bisa kamu kasih bukti juga ya, biasanya ada keterangannya dibagian proses claim rumah sakit.

4. Siapin pulsa buat hubungin pihak bank.  Pasti ada aja misscom antara pihak bank sama asuransi. Nah kamu harus bantu follow up biar cepet selesai.

Asuransi itu lama prosesnya bisa 1-2 bulan. Jadi selama proses claim ini kartu kredit memang diblockir, tapi.. yang namanya denda sama bunga tetep jalan, dan biasanya asuransi itu bayar tagihan yang tertagih sampai tanggal AK meninggal dunia.

Nah kamu harus urus lagi tuh, minta penghapusan sama si bank. Telfon lagi hahhaha. Makanya pulsa disini sangat dibutuhkan guys!

5. Ada bank yang kalau kita ga punya sertifikat polis, harus bikin laporan kehilangan di kantor polisi, itu ada.. padahal setiap bank hampir ga pernah ngasih nomor polis untuk asuransi kartu kredit. Bank apa tuh ka? Sama kaya yang diatas hahahhaa. Padahal bank yang lain cukup bikin surat pernyataan diatas materai loh hahaha.

6. Siap menangguh tagihan yang masuk saat tanggal kematian. Pas banget dihari AK meninggal, ada transaksi dan tercatat dibank tanggal setelahnya, jadinya tagihan itu ga tercover. Mau tidak mau harus dibayarkan, kebetulan ini kejadian dalam claim bank C**B. Ditambah lagi, untuk bank tsb harus melakukan penutupan kartu di cabang, dan setelah proses claim selesai masih ditagihkan biaya asuransi dan bunga, ribet yaa bank itu. huhh

Ada enaknya dalam proses claim asuransi kartu kredit karna meninggal dunia? ada dong

  1. Bahagia lah dicover jadinya ga kebebanan. Makanya buat kalian yang punya kartu kredit, dikasih asuransi biar keluarga kalian juga tenang ga kesusahan ya guys!
  2. Ada bank DBS yang katanya susah proses asuransinya. Ga susah kok, dia cuman aga lama karna ada misscom aja. Kalau si mba vla**ncya lebih cepet mungkin lebih cepat. Udah gitu surat lunasnya langsung sampe ke rumah ga perlu di tagih tagih.
  3. Inisih aku kaget.. aku langsung jatuh cinta sih. Si bank Danamon Kerjasama asuransi Manulife yang dimana didalam polisnya tertera.

Ngerti ga? Yang intinya si asuransi Manulife membayar sejumlah yang tertagih ke pihak bank dan ahli waris. Sungguh Bahagia. Syukur tak hentilah ini mah.

Begitulah pengalaman perdana ku dalam proses klaim asuransi kartu kredit, semoga bermanfaat ya. Sebenernya untuk claim asuransi pribadi juga sama aja sih prosesnya, cuman dalam penentuan biaya yang diberikan ga bisa ditebak karna pihak asuransi punya perhitungan sendiri.

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *