Wisata

Explore belitung 2D1N dengan budget 443rb

Apakah benar booming karna laskar pelangi?

Destinasi yang booming banget jaman film laskar pelangi muncul. Gue kepinginnya ke sini dari jaman sma dan kesampeannya setelah lebih dari 3 tahun..

Awal trip ini terjadi dari kesialan pulang dari Ternate mau ke Jakarta. Karna transit di Makassar, Makassar – Jakartanya tiba-tiba dicancel 2 jam sebelum penerbangan. Kaget bgt karna baru pertama kali dicancel dan langsung brb ke bandara buat protes ke konter Sriwijaya. Disitulah ketemu ka Victor. Kenalan terus ternyata ka Victor member sj travel pass yang dari Toraja mau ke Jakarta which is kita satu pesawat. Ngobrol” terus bilang mau trip ke Belitung tanggal 22-23 sept. Berhubung sabtu minggu.. ya di gaslah.

Kali ini untuk masalah penginapan, transport dan destinasi wisata sudah di arrange sama ka Victor. Jadi tinggal mikirin duitnya aja dari mana hahahaha.

Hari pertama, kita sampai bandara H.A.S. Hanandjoeddin jam 7 pagi. Kita langsung ke pantai Tanjung Kelayang karna mau Hopping Island. Kita naik damri, karna ga ada yang naik selain rombongan kita jadinya dianterin sampe Tanjung Kelayang sama pengemudinya. Ternyata Damri ini juga suka dipake buat bawa tamu. Sebelumnya ka Victor udah contact penyewaan kapal dan minta dibawain makan siang. Destinasi pertama kita ke pulau Batu Garuda.

Batu Garuda
Sumber: @erikun84

Ternyata beneran kaya garuda gitu loh batunya.. kita gak bersandar cuman memandang dari jauh biar terlihat Garudanya. Puas foto foto kita langsung ke pulau Lengkuas yang identik dengan Mercusuarnya..

Pulau Lengkuas

Jujur panas ya Belitung hahaha. Siang bolong sih.. tapi jadi keliatan jelas gradasi warna lautnya. Sebenernya udah ga bisa naik ke Mercusuar tapi temen gue bisa naik..

Yuhuu waktunya main air… pingin deh lompat dari atap kapal.. loncat kali ya.. akhirnya gue loncat dong!! ihh seru banget!!! Ohiya Bisa dikatakan beruntung ke Belitung ga ujan soalnya Belitung lagi kena ujan terus.. ombaknya juga lumayan. Next kita ke pulau Burung.

Pulau Burung
Sumber: @victoradiatma

Baca keseruan gue di ternate! kaya danau cermin..

Pulau Burung ini seperti Batu Garuda. Batunya tersusun seperti Burung. Leha leha dulu kali ya.. sambil makan siang. Biasakan jangan tinggalin sampah ya guys! selesai makan kita lanjut ke Pulau Batu Berlayar.

Pulau Batu Berlayar
Sumber: @erikun84

Belitung ini identik dengan batu ya ternyata hahahhaa.. katanya di sini ada bintang laut.. yes gue nemu! Setelah foto foto selesai masih ada satu destinasi yang kita kunjungin Pantai Tanjung Kelayang.

Sudah selesai hopping island kita… Mandi di Tanjung Kelayang langsung ke Pantai Tanjung Tinggi buat liat sunset. Sunset memang tidak pernah mengecewakan 🙂

Sunset Tanjung Tinggi
Sumber: @erikun84

Sebelum balik ke penginapan kita ke warung biru cobain soto lontong dan sate. Rasanya biasa aja sih menurut gue.. Gue juga cobain kopi Kong Djie yang terkenal itu.. gue cobain kopi O. Kalau menurut gue rasanya ringan dan unik sihhh ga kaya kopi biasanya kaya ada rempah”nya #sotoysih. Setelah kelar makan dan minum kita ke penginapan untuk istirahat. Penginapan gue kali ini di Mitra Belitung.

Tidur gue nyenyak karna kamarnya nyaman.. kita bangun pagi karna mau ngeliat sunrise di Danau Kaolin.

Danau Kaolin
Sumber: @erikun84

Jadi danau kaolin ini bekas penambang yang tidak direklamasi jadi tergenang air tapi kerennya danaunya berwarna biru dan hijau. Dulu boleh masuk ke dalam tapi sekarang udah ga boleh lagi. Dari situ kita langsung ke Belitung Timur untuk mengunjungi wisata yang tidak bikin basah hahaha..

Yuk baca keseruan gue kulineran di surabaya

Lumayan jauh ya sekitar 1jaman. Apa aja yang kita kunjungin tidak lain replika SD Gentong yang ada di film Laskar Pelangi. Replika karna yang asli udah rubuh…

Ruang Belajar
Sumber: @erikun84

Disebrangnya ada Rumah Keong yang menurut gue bagus dan cozy tapi kurang keurus.. mungkin masih tahap pembangunan kali ya..

Rumah Keong
Sumber: @william.kusjanto

Next kita ke Museum kata (ga masuk karna setiap pengunjung diwajibkan bayar 50rb karna dapet buku).. kita cuman foto foto di depan aja.

Museum Kata
Sumber: @victoradiatma

Next Kampung Ahok gue gak masuk karna cape hahahaha.. jadi cuman lihat dari depan aja.

Kampoeng Ahok

Selanjutnya kita ke pantai Sardang melewati kota 1001 warung kopi. Belitung dengan warkopnya yang bejibun.. isinya kebanyakan bapak bapak loh..

Pantai Sardang
Sumber: @william.kusjanto

Pantainya bagus.. tapi gak biru.. airnya coklat tapi tetep bagus buat foto aahahahha.. Destinasi terakhir Vihara Dewi Kwan In.

Vihara Dewi Kwan In

Waw besar sekali… viharanya juga luas.. dari situ kita langsung menuju kota karena mau cobain mie atep belitung.

Untuk rasanya boleh lahh Banyak pajangan foto foto pemilik dengan tokoh tokoh ternama. Untuk harga masih terbilang murah 18k.

Selesai sudah trip gue di belitung… cukup menyenangkan.. karna bersama teman teman yang asik.. menurut gue belitung salah satu destinasi yang murmer dengan pemandangannya cukup baguss 🙂