Wisata

Explore Ternate 3D2N dengan budget 700an

Danau cermin di ternate?

OMG!! Sekarang gue di Ternate!!!! Gue sendiripun ga nyangka bisa sampe di tanah Ternate di hari kemerdekaan ini… jauh banget sama Jakarta… Ga ada kepikiran sama sekali bisa sejauh ini. Guepun ga tau Ternate terletak di mana kalau di peta wkwkwkwk. Jangan kaya gue ya!!!

Gue sempet cari cari Ternate (Maluku Utara) ini salah satu pusat rempah rempah di dunia loh.. makanya ternate sempat di jajah.. banyak peninggalan sejarah juga di Ternate. Untuk masyarakatnya mayoritas islam.

Terus kok bisa? Setelah gue jadi member sriwijaya travel pass gue cari cari digoogle “sriwijaya travel pass” nemulah group line di kaskus.. terus ada yang bikin Share Cost ke Ternate dengan cost yang menurut gue murah.. akhirnya joinlah gue.. untuk pertama kalinya pake member sriwijaya pass ke ternate!!!

Perjalanan gue ke Ternate cukup lama ya.. berangkat dari Jakarta jam 00.05 transit dulu di Makassar sampe di Ternate sekitar jam 7 pagi. Sesampenya kita di bandara Sultan Babullah langsung di jemput buat langsung ke Hotel. Hotelnya ga jauh kok sama bandara namanya Dragon Palace Hotel . Sepertinya hotel ini salah satu yang affordable.. ke hotel buat check in dan langsung explore ternate karna waktu kita hanya 2 hari di sini.

Ternate ternyata kecil.. bisa di kelilingi naik mobil cuman butuh waktu 1 jam. Destinasi pertama gue jelas lukisan yang ada di dalam duit 1000.

Pantai Fitu
Sumber: @razi05010

Beruntung banget cuacanya lagi bagus dan salah satu temen gue ada yang bawa uang 1000. Awannya juga lagi bersahabat keliatan kaya asli!! Kita lanjut ke danau Laguna Ngade.. Selama perjalanan gue merhatian rumah rumahya rapih.. terus warna warni karna lagi 17san kan.. tapi gue ga nemu ada lomba gitu.. mungkin lombanya di dalem gang? wkwkwk jaraknya ga jauh kok.. ga sampe 30 menit udah sampe.. waw.. ternyata bagus banget!!! gunung Gamalamanya terliha jelas!! aaa suka banget…

Danau Laguna Ngade
Sumber: @pramadyalf

Setelah puas foto kita lanjut jalan.. sebelum ke distinasi selanjutnya kita mampir ke beberapa benteng… ternyata di Ternate ada beberapa benteng loh.. Benteng Kalamata dan benteng Tolukko.

Benteng Kalamata
Sumber: @stephanieliazar
Benteng Tolukko
Sumber: @stephanieliazar

Benteng Tolukkonya bersih dan seperti yang gue baca benteng ini salah satu benteng yang bersejarah dan sudah berganti nama lebih dari sekali loh..

Pingin main air gak sih??? yuk kita main air… kita lanjutkan ke Jikomalamo. Sebelumnya gue pingin banget ke Derawan karna pingin liat danau cermin… ternyata kesampeannya di Jikomalamo yang sangat jernih!!

Pantai Jikomalamo
Sumber: Penulis

Seneng banget bisa sejauh ini!!! Kaya ga sabar buat nyebur… tapi ngeliat cuacanya… panas banget.. akhirnya nunggu ademan dulu deh HAHAHA Setelah cuaca agak ademan nyebur deh!! uuu seger banget… ikannya ga banyak tapi jenisnya banyak… sebenernya bisa aja sih ngeliat ikannya lebih banyak tapi gue yang terlalu takut snorkeling ke tengah hahahaha.. mon maap masih pemula.. temen gue yang bisa free dive sampe ke tengah dan katanya bagus!! malah dia mau diving.. mungkin kalau gue udah bisa free dive dan berani diving gue mau ke Ternate lagi..

Pantai Jikomalamo
Sumber: @stephanieliazar

Kelar mandi mandi laper… di sini ada cemilannya pisang mulut bebek asli sih ini..enak..banget…:( kacau!!! Krispi banget + sambel khas Ternate tuh enak banget 😭. Asli ga bisa berhenti!!! ada kaya kerupuk sejenis opak gitu.. enak juga di cocol kecap.. kayaknya gue bakalan kangen sama Ternate… terutama pisang mulut bebeknya…

Baca deh keseruan ku di labuan bajo.. bikin balik lagi!!

Karna makin sore kita lanjut ke danau Tolire Kecil dan Besar. Hayo kenapa ada kecil dan besar? ternyata ada kisah rakyat di danau Tolire ini.. konon ada seorang pemimpin desa yang berhubungan intim dengan putrinya.. singkat cerita hal tersebut diketahui warga sehingga mereka diusir.. sebelum mereka pergi ada gempa besar yang melanda desa sehingga desa tersebut tenggelam yang sekarang menjadi danau Tolire Besar… nah karna sang putri lari ke pisisir laut terjadi bencana juga di tempat putri berpijak yang sekarang menjadi danau Tolire Kecil.. tidak sampai disitu warga desa juga kena kutukan menjadi buaya putih.. banyak warga sudah melihat buaya putih yang menjadi penunggu danau Tolire ini.. mungkin lebih jelasnya bisa baca cerita lengkapnya di IndonesiaKaya . Di danau Tolire Besar kok banyak yang jual batu ya? katanya belum pernah ada orang yang bisa melempar batu sampai ke tengah danau loh… gue coba ah….

Danau Tolire Besar
Sumber: @pramadyalf

Sebelum menutup perjalanan hari ini gue wajib ngeliat sunset.. dan sampailah di salah satu tempat untuk ngeliat sunset.. tempatnya masih di daerah Tolire. Seneng banget bisa liat sunset seindah ini 😍😍😍 bener bener happy banget!!!!! Makan malam hari ini makan papeda yang sangat terkenal di Ternate. Asli sih bener bener enak banget Kohu Kohunya.. Restonya deket masjid yang cukup besar di Ternate tanya aja sama drivernya pasti tau deh…

Okay untuk hari ke 2 gue bener bener terbangun dengan bahagia karena tidurnya nyenyak banget!!!! Kita bangun lebih pagi karna ngejar buat kapal buat ke Tidore. Sebelum ke Tidore gue sempetin sarapan pagi di Rumah Makan Al Hikmat karna terkenal banget dan rame banget. Mereka ngejual nasi kuning dan lontong sayur yang katanya enak dan emang enak!!! Harganya 18rb kalau pake ayam nambah 25rb.

Nasi Kuning RM Al-Hikmat
Sumber: Penulis

Cerita sedikit tentang Ternate di sini sedikit lucu yaa angkot angkotnya pada heboh nyetel lagu kenceng banget!!! Dan ga tau kenapa di sini kalau naik motor tuh ditengah dan kalau diklakson kaga minggir woy πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… Btw ternate panasnya polll!!! Jadi siap siap sunblock aja beps..

Baca deh keseruan ku di Bukittinggi

Untuk nyebrang ke Tidore ga nyampe 1 jam kok perorangnya 20rb. Sesampenya di Tidore kita langsung ke benteng Tahalu yang tangganya super duper banyak!!! Tapi kita bisa liat Tidore dari atas. Sama kaya di Ternate Tidore sepi dan rumahnya berwarna warni…

Benteng Tahula
Sumber: Pak Driver

Kita lanjut ke kerajaan Tidore..

Kerajaan Tidore
Sumber:

Akan lebih sopan kalau kalian pake bajunya juga sopan ya.. kita di sambut dengan baik.. malah di suguhin cemilan khas Tidore.. kita diajak keliling dan diceritain sejarah di Kerajaan Tidore ini…. Destinasi selanjutnya kita ke benteng Tore Tidore.. gue suka sama bentengnya.. bersih…. Untuk di Tidore sendiri wisatanya cuman benteng dan kerajaan aja.. kalau mau bereneng bisa tapi pas banget lagi tinggi ombaknya jadinya kita memutuskan buat berenang di Sulemadaha. Sulamadaha ini ada di Ternate.. sebelum kita ke balik kita sempetin makan di pinggir pantai..

Sulemadaha ga kalah indah sama Jikomalamo cuman gue sampe sini udah sore jadinya ga sempet foto” langsung nyebur eheehhe. Kalau dateng lebih sore mungkin bakalan lebih bagus lagi.. ikannya banyak.. pokoknya bagus deh!!!

Muka Bahagia abis Snorkeling
Sumber: Penulis

Malam ini ditutup dengan makan ikan bakar terminal yang super duper enak!!! 1 ikan utuh harganya 250an udah termaksud nasi… worth it sih menurut gue soalnya emang enak dan sambelnya yang paling the best πŸ™ parah sih gue bakalan kangen banget 😭😭😭😭

Begitulah perjalanan gue di Ternate.. jujur gue masih ingin ke Ternate lagi.. Ternate penuh kenangan bersama teman teman yang asik juga.. Terimakasih Aku senang!!! πŸ™‚

Pengeluaran:

  • Sewa Mobil 2 hari + drop ke bandara 1.150rb
  • Hotel Dragon 2 kamar 2 hari 1.200rb
  • Danau laguna ngade 50rb
  • Benten Tolukko 20rb
  • Danau Tolire 20rb
  • Benteng Kalamata 10rb
  • Pantai Jikomalamo 10rb
  • Pantai Sulamadaha 25rb
  • Sewa Alat snorkeling 25rb
  • Kapal pp Ternate – Tidore 230rb
  • Makan nasi kuning Al-Hikmat 31rb
  • Ikan bakar terminal 250rb

Total Share cost/5 orang: 700rban/orang

Contact Person:

Sewa mobil: 0812-4111-1154 (Nengo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *