2 Hari Wisata Geopark Ciletuh dan Kulineran di Sukabumi

Akhirnya kesampean juga explore Sukabumi!!! Aku berangkat dari Jakarta sekitar jam 5 pagi dengan harapan ga macet. Eh eh eh kok malah macet??!? ini sampe berhenti loh!!!

Ternyata kalau berangkat jam 5 lebih dikit dari Jakarta, keluar tol itu sekitar jam 6an yang dimana berbarengan dengan orang pabrik pada berangkat kerja. WAH…. kacau sekali Sukabumi ini. 1 jam cuman bergerak 200m.

Anehnya Sukabumi macet tapi ga tau macetnya dimana. Huft bener bener deh Sukabumi. Yuk sabar yuk.

DAY 1

Destinasi Hari ini kita mau explore Geopark Ciletuh.

1. Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu

Kita sampe pelabuhan ratu kurang lebih jam setengah 10. Namanya pantai selatan jangan berharap bakalan bening ya air lautnya. Minum kelapa di sini seru si sambil dengerin suara ombak.

2. RM Dapoer Muara Kenari
RM Dapoer Muara Kenari

Dari pantai lanjut ke rumah makan karna perut keroncongan. Setelah mencari resto terdekat yang menyediakan selain ikan akhirnya kita menemukan RM Dapoer Muara Kenari. Rumah makannya nyaman, bersih, parkirnya luas dan pemandangannya laut. Perihal makanannya enak kok, harganya juga masih ok.

3. Curug Larangan
Curug Larangan

Geopark Ciletuh itu jatohnya kawasan yang memiliki beberapa wisata. Nah destinasi pertama aku ke Curug Larangan. Berhubung aku bawa mobil jadinya parkir mobil di depan jalan terus jalan kaki.

Agak kaget juga ternyata jalannya lumayan bikin keringetan soalnya sempet nyasar karna ga ada petunjuk untuk ke curugnya.

Setelah jalan kaki sekitar 10-15 menit ketemu parkiran motor dan ada yang jaga untuk menariki uang masuk 10K/org.

Masih jalan lagi sekitar 15-20 menit. Di sini ada tantangannya, ada jembatan yang hanya bermodalkan bambu terus disusun tanpa pegangan. Harus hati-hati ya.

Setelah sampe WOW.. seger banget! cuman kecipratan airnya aja udah berasa seger apalagi mandi. Sayangnya aku ga bawa baju ganti karna berniat mandi di curug selanjutnya. Agak nyesel sih karna keliatan banget airnya jernih tapi gak papa berarti harus ke sini lagi. Setelah ngaso dan menikmati kita lanjut ke curug selanjutnya.

4. Curug Cimarinjung
Curug Cimarinjung

Lokasi 1 curug ke curug lainnya emang keliatan digoogle maps deket padahal jauh karna akses jalannya berkelok kelok dan ga satu jalur. Awalnya kita mau ke 2 curug lagi tapi waktunya ga memungkinkan makanya aku memilih Curug Cimarinjung yang lebih dekat.

Kita sampai di lokasi setelah perjalanan kurang lebih 35 menit. Parkir mobil terus bawa baju buat mandi. Kok air selokannya coklat hemm jadi agak ragu. Dari parkiran ke curugnya ga jauh paling cuman 5 menit. Di sini bayarnya seiklasnya ga ada patokan harga.

Jeng jeng jeng.. ternyata karna lagi musim ujan airnya jadi keruh dan debit airnya deres banget. Gagal mandi deh padahal udah niat banget huhuhu. Kita ga lama di sini karna ga bisa ngapa ngapain juga padahal bagus loh Curugnya.

5. Puncak Darma

Sebelum ke kota Sukabumi mampir dulu ke Puncak Darma. Ada biaya masuknya tapi aku lupa berapa. Di sini banyak anak muda pada nongkrong.

Menikmati pemandangan abis itu minum kelapa. Seger..

Lokasi klik di sini.

Kita langsung ke kota Sukabumi untuk check in hotel dan cari makan malam.

6. Like Earth Coffee
Like Earth Coffee

Kita sampe cafe sekitar jam 8nan, tadi mampir dulu beli camilan karna udah laper banget.

Tempatnya cozy dan ada live musicnya. Menu makanannya cukup banyak. Menurut aku makanan yang aku pesen enak dan minuman yang Avocado Cream ENAK BANGET WOY!!! ih harus coba sih kalau kalian ke sini. Ga pernah nemu rasa seenak ini.

7. Sekoteng Singapore
Sekoteng Singapore

Awalnya mau beli ronde tapi ga nemu akhirnya cobain sekoteng. Rasanya enak tapi manis banget. Boleh dicoba karna aku jarang nemu sekoteng kaya gini. Pernah deh nemu di DU Bandung.

Lokasi klik di sini.

Istirahat dulu lanjut besok!

DAY 2

8. Jembatan Situ Gunung Suspension Bridge

Karna aku punya tulisan sendiri untuk rincian ke Wisata Jembatan Situ Gunung kalian bisa stay tune ya. Wajib sih ke sini.

9. Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie
Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie

Sebagai pecinta roti aku penasaran banget sama roti ini. Mumpung masih jam 12 kurang aku langsung ke lokasi pabriknya. Pas sampe gangnya aku nemu gerobak rotinya. Setelah ngomong sama abangnya, kalau yang gerobakan udah jalan pabriknya tutup.

Yey masih anget. Aku cobain rasa coklat dan keju. Aku suka sama rotinya berasa roti jadul.

10. Mochi Kaswari Lampion
Mochi Kaswari Lampion

Kalau ke Sukabumi wajib beli mochi. Aku suka sama Mochi Lampion, belum pernah cobain mochi yang lain sih. Kalau di sini enak, ada testernya hihihi.

11. Rumah Makan Cikole Sukabumi
Rumah Makan Cikole Sukabumi

Sebelum balik ke Jakarta aku makan siang dulu. Aku pesen ayam tulang lunak. Menurut aku ini salah satu ayam goreng tulang lunak yang bener bener aku makan sampe abis. Biasanya masih ada yang ga kemakan karna keras. Ini bener bener empuk banget tulangnya. Perlu dicoba nih guys!

Lokasi klik di sini.

Segitu aja perjalanan aku di Sukabumi. Aku saranin kalau pulang lebih dari jam 1 lebih baik lewat puncak, kalau lewat tol sukabumi nanti barengan sama pulangnya orang pabrik kalian bisa kejebak macet. Walaupun lewat puncak ga kalah macet karena lagi ada perbaikan jalan.