Wisata

ShareCost Labuan Bajo 3D2N dengan budget 1.263rb

Jatuh cinta dengan Labuan bajo ?

Gue binggung harus cerita dari mana mungkin gue akan cerita awal mula trip Labuan bajo gue.. trip Labuan Bajo ini dibuat oleh ka nain karna dia tau gue belum ke Labuan Bajo… baik banget ga sih ๐Ÿ™ dengan sukarela dia siap sibuk demi membuat trip Labuan Bajo ini.. huhuhu maacih nana..

Trip Labuan Bajo ini membeludak.. yang awalnya cuman 12 jadi ber 17.. tapi untung aja kapalnya ada yang bermuatan 17. Trip Labuan Bajo start tanggal 30 maret dan berakhir di tanggal 1 april. Gue sampe Labuan Bajo tanggal 29 karna start sailing itu tanggal 30 pagi.. gue ber 4 naik taksi bandara ke penginapan, harga flat 50rb. Gue nginep di Siola karna dekat dengan dermaga dan rataโ€ teman gue nginep di sana. Kalau kalian mau yang viewnya bagus bisa di hotel One tree hill atau ga Sunset hills.

Pemandangan Sore hari di Labuan Bajo
Sumber : Penulis

Sampe di Siola istirahat, cerita cerita sama temen temen yang lain dan malam hari kita cari makan di fresh market Kampung Ujung. Enaknya di Siola gampang buat cari makan malam. Tinggal ke depan jalan langsung sederetan penjual makan seperti nasi goreng, ayam, soto maupun ikan. Harganya masih bersahabat kok sebisa bisanya kalian nawar aja. Abis makan malem gue langsung balik ke hotel untuk istirahat karna besok harus bangun pagi. Gue bangun jam 6 pagi. Ohiya kalau di Siola kalian dapet breakfast roti dan teh/kopi.

Sarapan Pagi di Siola

Breakfast bentar langsung ke depan pelabuhan deh. Karna alasan telat ngasih data peserta yang seharusnya start jam 8 jadi jam 10 baru berangkat sailing.

Selama Perjalanan Pemandangannya indah banget!! baru jalan aja udah cinta banget sama Labuan Bajo hihihi. Untuk destinasi pertama kita ke pulau Kelor. Pulau kelor paling deket, ga nyampe 1 jam udah sampe. Ohiya kita punya 1 kapal kecil untuk mampir ke pulau-pulau karna kapalnya ga bisa bersandar.

Pulau Kelor
Sumber : @mitsnain

Labuan Bajo memang panas! Jadi siap siap pake sunblock dan slendang untuk menutupi badan kalian. Untuk sampe puncak Kelor kalian harus naik yaa.. 15 – 20 menit tergantung kecepatan trekking kalian. Menurut gue pulau kelor bagus.. bisa terlihat gradasi warna pantai yang sangat jelas. kalau kalian ke paling puncak Kelor rasanya kaya bau baju di strika saking panasnya.. ga ada angin panasnya bener bener mateng banget!! hahaha.. Dari pulau Kelor kita langsung ke Manjarite.

Cemilan di Kapal Pisang Goreng
Sumber : Penulis

Selama perjalanan kita diberi makan 3x sehari dan cemilan 2x sehari. Cemilan siang ini jus jambu dan pisang.. uu nikmatt..

Manjarite
Sumber : @mitsnain

Manjarite itu ada yang bilang spot jembatan karna kalian cuman bisa mengambil foto di jembatan aja. Di sini kalian juga bisa snorkeling loh. Karna senja sudah mulai keluar kita berpindah tempat untuk melihat kelelawar. Katanya rombongan kelelawar akan lewat selama 20 menit. Setelah menunggu akhirnya mereka keluar!!!

Rombongan kelelawar
Sumber : Penulis

Wah… indah banget!!! bener bener banyak banget kelelawar yang keluar.. keknya lebih deh dari 20 menit.. matahari semakin turun kelelawarnya makin banyak… aaa suka banget!!! Setelah puas melihat kelelawar kita mencari spot untuk beristirahat. Karna memutuskan besok pagi ke Rinca kita beristirahat di daerah Rinca. Sempet takut komodonya berenang sih hahahah.. oke bercanda..

Yuk Baca juga: Pantai pink di Bima

Gue terbangun jam 2 pagi untuk melihat milky way… wah indah sekali.. sayangnya ga sempat gue abadikan karna gue ga megang kamera.

Jam 4 pagi kita sudah mulai bangun untuk siap siap. waah gue banyak melihat kunang kunang di laut.. warnanya biru menyala.. tapi sayang ga ketangkep kamera. Sekitar jam 6 pagi kita sudah mulai masuk ke Taman Nasional Komodo.

Pulau Rinca
Sumber : Penulis

Kita di temani oleh 2 ranger. Sebelum kita bertemu komodo kita dapet arahan terlebih dahulu. Di sini juga ada jalur trekkingnya loh.. ada beberapa jalur yang bisa kita lewati tapi kita memilih jalur paling pendek karna terburu oleh waktu. Ohiya katanya komodo di pulau Rinca itu lebih besar dari pada di pulau komodo.

Komodo di Pulau Rinca
Sumber : @rullyhkim

Sebelum kita trekking ke atas kita keliling untuk melihat dan berfoto dengan komodo. Hua jujur gue takut sama komodo.. selain karna dia cepat banget seluruh badannya itu beracun.. Setelah itu kita trekking ke atas. Ga jauh kok palingan 15-20 menit. Ternyata di atas juga ada komodo… jadi atut.. Karna di kejar waktu kita melanjutkan perjalanan untuk melihat MANTAA…

Manta tuh adanya di tempat yang berarus jadi hati hati kebawa arus ya.. jangan sampe keasikan ngejar tar ga bisa balik hahhaha.. Kita beruntung nih airnya ga terlalu berarus dan lagi banyak banget mantanya!!

Manta
Sumber : @mitsnain

Setiap awak kapalnya bilang ada manta temen temen pada langsung nyebur.. nah pelajaran kalau ada manta jangan grasak grusuk nanti dia kabur… gue seneng banget bisa ngeliat rombongan sekitar 5 manta menari nari.. tapi ga sampe 20 menit gue udah naik ke kapal soalnya ubur uburnya nyenget sakit banget padahal udah pake baju renang lengan panjang.

Kita cukup lama di Manta Point karna emang lagi banyak banget mantanya.. sampe naik ke atas permukaan loh.. malah temen gue yang bisa free dive sampe sedeket itu dan sempet ngeliat rombongan sekitar 8 manta bikin lingkaran. Karna waktu makin siang akhirnya kita ke Taka Makassar.

Taka Makassar
Sumber : Penulis

Aduh… kenapa sih bajo selalu mengagumkan.. airnya bener bener bening banget!! udah gitu karang karangnya keliatan dari kapal.. ga sabar nyebur!! seharusnya foto foto di pasir timbul tapi gue lebih memilih untuk snorkeling di sini. huuu bagus karangnya.. lumayan juga ikan ikanya.. tapi hati hati yaa bawa pelampung/kaki katak soalnya arusnya cukup kencang. kacamata? itumah wajib..

Karang di Labuan Bajo

Kita ga terlalu lama di sini karna mau langsung ke Pink beach.

Pink Beach
Sumber : @mitsnain

Waw.. kaget. Kotor banget… malah ada bule yang ngambilin sampah.. gue kaget perasaan bagus deh kalau di instagram. Ternyata Pink Beach itu ada 2.. ada yang di deket pulau Padar.. nah di situ lebih pink dan bersih… tapi gue akuin snorkeling di sini gak boleh di lewatin.. karna lebih bagus dari pada Taka Makassar. Gue menyesal malah ga snorkeling sampe ke tengah. pokoknya wajib ke bajo lagi!! hehehe

Seharusnya kita ke pulau komodo tapi kita lebih memilih sunset di pulau Padar. Sesampenya di Padar gue shock ternyata tangganya banyak.. udah nyerah aja bawaannya. Tapi… pingin liat sunset.. akhirnya semangat sampe atas. Ga nyangka udah ada di pulau padar sore ini ๐Ÿ™‚ terimakasih tuhan udah bisa ke padar ๐Ÿ™‚

Sunset di Pulau Padar
Sumber : Penulis

Sayang kalau gak di upload.

Bonus Foto
Sumber : @mitsnain

Setelah puas foto kita balik ke kapal untuk makan dan istirahat. FYI makanan di kapal enak enak!! padahal awak kapalnya laki semua loh.. katanya sih yang bikin kapalnya bagus tuh dari pelayanan dan makanannya.. panteslah makanannya enak.

Sekitar jam 3 pagi gue udah bangun dan bangunin yang lain. Pokoknya gue ga boleh ketinggalan sunset! setelah semua turun dari kapal kita mulai trekking lagi. Karna kemarin sore udah trekking sekarang udah lebih expert hahahaha..

Sunrise di Pulau Padar
Sumber : Penulis

Wah.. matahari mulai muncul dan pulau Padar mulai terlihat ke indahannya.. ga salah deh Pulau ini bisa se hits itu! bener bener keren!! seperti yang ada di instagram orang.. Langsung deh foto foto sampe puas!!!

Yuk Baca juga: Golden Sunrise terIndah

Padar di Pagi hari
Sumber : @mitsnain

Karna terburu waktu kita langsung ke spot terakhir yaitu pulau Kanawa..

Pulau Kanawa

Mungkin di sini tempat untuk chill.. di sini juga bisa snorkeling tapi gue di sini cuman menikmati aja karna trip Labuan Bajo gue akan berakhir ๐Ÿ™

Selesai sudah trip Labuan Bajo.. Aaaa aku senang sekali!! mau balik lagi rasanya ๐Ÿ™ Kalian harus ke sini!! wajib!! indahnya total banget!!! makin total kalau sama orang orang tersayang! dapet banget deh!!!

Yuk Baca juga: Pulau seribu murah!