3 Rekomendasi Kuliner Solo Favorite Pak Presiden Jokowi

3 Rekomendasi Kuliner Solo Favorite Pak Presiden Jokowi

Aku bertolak ke Solo itu jam 9 pagi dari Jakarta. Memang terlalu siang sih makanya sampe di Solo itu malam hari. Aku cuman punya waktu 1 hari untuk kulineran di Solo. Sebenernya banyak sekali list makanan yang mau aku coba tetapi karna waktu terbatas aku hanya coba restoran yang menjadi favoritenya Pak Presiden Jokowi.

Berhubung sudah malam aku memutuskan untuk makan malam di Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel yang dimana lokasinya memang agak jauh dari kota solo yaitu di Sukoharjo.

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Aku membutuhkan waktu 30 menitan untuk sampai sini dari keluar tol. Saat aku datang tidak ramai sehingga banyak meja yang kosong. Aku langsung ke bagian kasir untuk pesan. Berhubung tidak ada menunya aku langsung pesan dada ayam dan hati ayam. Saat makanan datang aku langsung tergugah dengan lalapannya yang terlihat segar sekali. Sambalnya ada 2, sambal merah dan sambal blondo yang berwarna coklat.

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Suapan pertama tanpa sambal saja sudah enak. Ayamnya memang berwarna kuning seperti tidak ada bumbu yang menempel tetapi rasanya jos! Meresap sampai ke dalam. Jarang aku menemukan dada ayam yang rasanya bisa menembus sampai dalam. Rasanya gurih, asin dan empuk. Dicocol dengan sambal blondo yang asin gurih makin mantep lagi. Ah aku suka banget! Kalian wajib cobain! Pantas pas Jokowi suka dengan ayam goreng ini.

Harganya masih terjangkau, untuk ayam 18K/potong.

Lokasinya bisa klik di sini. Buka dari jam 07.00 – 20.00

Karna sudah malam aku memutuskan untuk istirahat di hotel dan melanjutkan kulineran besok pagi. Berhubung aku sudah harus pergi dari solo jam 10 pagi, aku langsung ke Soto Gading.

Soto Gading

Soto Gading

Aku parkir dipinggir jalan depan Soto Gading. Di sini hanya terdapat soto kuah bening saja, mau dicampur atau dipisah. Walaupun begitu banyak sekali makanan pendampingnya seperti tempe, perkedel, kroket, martabak, otak, empal, dan sate satean lainnya. Untuk rasa sotonya segar dan gurih. Enak untuk dijadikan sarapan.

Soto Gading

Di Soto Gading pelayanannya cepat. Tempatnya tidak terlalu besar. Untungnya aku datang dihari biasa, ramai tetapi masih dapat tempat duduk. Soto ini sudah berdiri dari tahun 1975 loh.

Aku sengaja makan ½ porsi agar bisa menyantap Soto Triwindu juga.

Harganya masih terjangkau, 1 porsi soto 17K.

Lokasinya bisa klik di sini. Buka dari jam 06.00 – 15.00

Soto Triwindu

Soto Triwindu

Soto yang satu ini ternyata lebih tua dibandingkan Soto Gading. Soto ini sudah berdiri dari sebelum kemerdekaan loh, ditahun 1939. Wow.. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Soto Gading. Tempatnya lebih kecil dibandingkan dengan Soto Gading. Parkir tersedia dipinggir jalan.

Soto Triwindu

Di sini juga banyak makanan pendampingnya tetapi tidak sebanyak Soto Gading. Menurut aku rasanya kurang gurih. Ntah karna sebelumnya sudah makan makanya rasanya jadi kurang. Tapi soto ini gak kalah rame.

Harganya masih terjangkau, 1 porsi Nasi soto campur 10K.

Lokasinya bisa klik di sini. Buka dari jam 05.30 – 15.30

Hey hey hey.. Jangan lupa Cobain Serabi Notosuman Ny Lidia ya!

Serabi Notosuman Ny. Lidia

Serabi Notosuman Ny. Lidia

Tempatnya besar jadi ga usah khawatir buat kamu yang bawa mobil. Kalian bisa melihat proses pembuatan serabinya di sini jadi kalian bisa mendapatkan serabi yang masih anget. Aku datang ke sini hari biasa jadinya ga ngantri.

Serabi Notosuman Ny. Lidia

Rasanya gimana? Jujur aku kaget. Empuk banget!! Manisnya pas. Ah pokoknya favorite! Wajib dicoba. Sayangnya tidak tahan lama ya, aku beli pagi, malam sudah mulai ga fresh. Harganya cukup terjangkau, serabi campur yang berisi 5 serabi polos dan 5 serabi coklat dibandrol dengan harga 27K.

Harganya masih terjangkau, 1 porsi Nasi soto campur 10K.

Lokasinya bisa klik di sini. Buka dari jam 05.00 – 16.00

Selamat mencoba!

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *