Wisata ke Merauke, Perbatasan Indonesia – Papua Nugini

Wisata ke Merauke, Perbatasan Indonesia – Papua Nugini

ke ujung timur Indonesia ngeliat kanggoro.

Hey hey kembali lagi bersama gue hahaha… sebenernya ini trip ke 4 bersama #sjtravelpass tapi baru gue buat tulisannya. yesh kita ke Merauke ujung timur Indonesia!!!! Wuhuuuu

Ada pertanyaan kenapa Merauke? Bukannya masih banyak yang lebih deket? Okay gue ke Merauke karna ada kabar burung kalau Sriwijaya ke Merauke akan dihilangkan. Yaaa kapan lagi bok gue nyentuh tanah Merauke kalau ga karna sjpass? 2,8jt sekali jalan duit dari maning woy!!! Setelah mendengan kabar burung itu gue langsung ikut join group yang akan dilaksanakan tanggal 28-30 september 2018.

Ternyata perjalannya lumayan panjang… 2 jam ke Makassar dan dilanjutkan ke Merauke 3 jam. Buat kalian yang ada connecting flight hati – hati! apalagi cuman beda 1 jam. Teman gue tertinggal di Makassar loh πŸ™ hanya karna dia naro bagasi dia kira harus ambil bagasi padahal bagasi sudah diurus oleh pihak Sriwijayanya. Eh pas mau boarding pesawatnya udah mundur πŸ™ tertinggalah dia Makassar πŸ™ untuk ada #sjpass jadinya dia langsung ke kalimantan.

Mau ke Ternate? Baca blog gue wisata Ternate

Btw bayangan gue ke Papua tuh bakalan ketemu sama orang Papua *bisakebayangkan tapi ternyata banyak pendatang dari Jawa cuy. Malah semua rumah makan yang gue kunjungin orang Jawa semua. Padahal pingin banget nyobain makan di rumah makan yang menyajikan makanan khas Papua. Ujung – ujungnya sarapan di warung Surabaya wkwkwk.

Setelah sarapan kita langsung ke perbatasan Papua dan Papua Nugini perjalannya jauh seinget gue. 1 jam lebih dan lurus terusssss kiri kanannya hutan kering. Kayaknya di Papua lagi musim kering deh.. soalnya pantai aja tuh airnya surut jadi banyak kapal yang ga bisa jalan karna surut.

Sesampainya di perbatasan ga lupa foto di 0km Sabang-Merauke.

Dipaling timurnya Indonesia cuy!!!!! Banyak masyarakat perbatasan ke Indonesia, soalnya lebih deket buat ke pasar hihihi..

Perbatasan papua dengan papuan nugini di merauke
Foto bersama warga Papua Nugini
Sumber: @dheajah_

Kita bisa sih ke papua nugini tapi jalannya 10 km ga bisa pake mobil karna lewat hutan gitu. Gue sih ga berani._. Orang – orang di perbatasan bisa bahasa inggris loh guys!! Eh banyak sarang semut.

Sarang Semut Merauke Papua
Sarang Semut
Sumber: @dheajah_

Sarang semut tuh dibentuk dari semut gitu loh!! Keren banget ga sihh!!! Semut bisa kaya gitu πŸ™ tapi semutnya sejenis rayap.

Dari sana kita langsung cari makan siang dan lanjut ke dibilang taman juga engga sih tapi ada penangkaran kecil gitu isinya kanggoro, rusa dan burung cendrawasi. Seneng banget bisa ketemu kanggoro.

*maapkan fotonya ilang.. kalau mau tau buka highlight Merauke di instagram gue @miragultom

Terus malemnya kita makan KFC karna bingung mau makan apa hahhahaaha. Besok paginya kita cuman cari makan nasi kuning dan berkunjung ke masjid raya di Merauke. Selesai sudah trip ke Merauke πŸ™‚

Singkat ya? soalnya emang 2 hari 1 malam aja:)

Masjid Raya Merauke
Masjid Raya
Sumber: Dok. Penulis

Pengeluaran

  • Penginapan dekat bandara: 250rb/kamar (bisa muat 4 orang)
  • sewa mobil + driver: 800rb/hari
  • tips driver dan makan driver
  • makan pribadi

Sharecost/9orang: 300rb (belum makan pribadi)

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *