Wisata

Explore 3D2N kota Bukittinggi dan kota Padang dengan budget 700rban

Minangkabau atau lebih dikenal dengan wisata bukittinggi dan padang.

Hola! Dengan segala perjuangan akhirnya gue bisa ke Minangkabau setelah 2x cancel tiket! Tujuan utama gue sebenernya pingin berwisata ke Bukittinggi selama 3 hari 2 malam tapi berhubung temen gue harus pulang di hari minggu jadinya 1,5 hari di Bukittinggi, 1 hari di kota Padang! Sebenernya kalau mau ke Sumbar jangan sebut Padang karna Padang hanya menyangkup 1 kota. Nah yang bener itu Minangkabau / Sumbar Hehehe

Gue sampe bandara Padang jam 10.55, gue langsung di jemput bang budi (driver). Kita langsung cus ke destinasi pertama yaitu Istana Pagaruyung. Di tengah perjalanan nanti kalian pasti ketemu sama Lembah Anai atau air terjun di pinggir jalan. Keren yaa ada air terjun di pinggir jalan. Setelah kurang lebih 2,5 jam kita sampe di istana pagaruyung. Ada biaya masuknya 15rb/orang.

Di depan kamar putri
Istana Pagaruyung

Menurut gue istananya bagus dan bersih, kita beruntung dateng pas bulan puasa jadinya ga perlu pusing ngusir-ngusir orang buat foto. Selain itu, gue suka di sini ada sejenis layar komputer yang berisikan informasi tentang Istana Pagaruyung! Andaikan semua wisata ada informasi seperti ini. Gue ga akan menjelaskan secara detail tentang interior istana, kalian bisa langsung dateng aja ke sini biar ga kepo.

Setelah 1 jam berkeliling gue langsung cus ke Lembah Harau. Perjalanannya cukup jauh menempuh 1,5 jam untuk ke Lembah Harau, disini ada biaya masuknya 5rb/orang tapi karna bulan puasa biaya yang kita keluarkan untuk para pemuda. Gue rada bingung juga sih disitu. Lembah Harau ini ada 5 air terjun.

Lembah Harau
Sumber : @stephanieliazar

Gue suka, di sini dingin dan sejuk. Banyak homestay juga di sini, gue yakin kalau lagi musim liburan pasti macet. Untuk di Lembah Haraunya aja banyak wisatanya loh kaya kampung Eropa sejenis miniatur eropa kaya di bandung gitu. Dari Lembah Harau kita langsung cus ke kelok 9. Jaraknya ga terlalu jauh kok.

Spot foto Kelok 9
Sumber : Penulis

Banyak yang salah tangkap sebenernya kelok 9 itu bukan yang jalan baru, tapi jalan yang lama. Katanya saking berkelok-kelok kalau lagi musim mudik macetnya bisa panjang banget loh, soalnya kalau ada truk harus gantian jalannya.. kelok 9 ini juga terkenal dengan spot bukit yang dibelakangnya ada bukit dan bukit.

Yuk baca juga: Ada apa di Jambi?

Seharusnya dari sini kita ke Padang Mangatas yang seperti New Zealand tapi karna waktu tidak memungkinkan kita langsung cus ke Sate Dangung Dangung.

Sate Dangung Dangung
Sumber : Swastika Nohara

Sate ini salah satu sate yang terkenal, ada juga Mak Syukur tapi ga buka selama bukan puasa. Menurut gue kuah satenya enak! Harga persate 2.700. Satenya juga gede gede ga kaya di jakarta kecil hahahaha. Ga cukup makan sate kita lanjut ke rumah makan Family Benteng Indah.

RM Family Benteng Indah
Sumber : goodindonesianfood

Sebenernya kalau kalian lagi di Bukittinggi wajib cobain nasi Kapau Uni Lis dan bebek di Itiak Lado Mudo karna itu hanya ada di Bukittinggi guys! Gue pesen ayam pop karna itu menu andalannya. Tapi pas gue cobain menurut gue lebih enakan Pagi Sore di Jakarta. temen gue makan rendang, gue icip sedikit rasanya lumayan sih. Sebelum balik ke hotel gue mampir dulu beli teh Talua. Teh Talua ini salah satu tempat nongkrong juga di Bukittinggi.

Teh Talua
Sumber : IDN TIMES

Yuk baca juga: Kulineran di Semarang

Teh Talua itu kuning telur dikocok dengan gula sampe berbusa abis itu dikasih skm dan teh. Anak muda disini lucu deh, mereka semua kek berlomba lomba ngocok sampe berbusa gitu.. harganya murah loh cuman 5rb. Untuk rasanya menurut gue enak sih tapi terlalu manis dan agak amis. Oh ya.. Malam ini gue nginep di Aedo Hotel pesen lewat agoda cuman 122rb.

Hari kedua di Bukittinggi kita berangkat pagi karna kita harus sampe bandara jam 2. Destinasi pertama kita foto di Jam Gadang! Itu wajib banget sih foto dengan iconnya Sumbar.

Jam Gadang
Sumber : @stephanieliazar

Gue rada bingung sih kenapa iconnya Sumbar adanya di Bukittinggi bukan di kota Padang. Sedangkan kota Padang ke Bukittinggi jauh. Ga jauh dari sana kita mampir ke Ngarai Sianok. Biaya masuknya 15rb/orang. Sebenernya kalau mau ke Ngarai Sianok bisa ga bayar bilang aja sama drivernya mau foto di bawah tapi karna kita udah ke buru masuk dan ada wisata Goa Jepangnya kita mampir dulu ke Goa Jepang.

Goa Jepang
Sumber : Penulis

Gue sarankan kalian kalau mau ke Goa Jepang foto mapnya dan pake pemandu biar dapet aja sejarahnya. Tapi sayangnya gue ga pake pemandu karna buru buru. Gue masuk ke goa jepang ga sampe 5 menit udah keluar hahaha. Ga tau gue ngerasa kek tertekan gitu di dalem padahal sirkulasi udaranya aman aman aja.

jangan lupa bilang ke drivernya kalau kalian mau masuk Goa Jepang soalnya kalau udah masuk pintu keluarnya di pinggir jalan. Dari sana kalian bisa ke daerah persawahan untuk dapet spot foto bagus.

Ngarai Sianok
Sumber : @stephanieliazar

Setelah puas foto kita lanjut ke Tabiang Takuruang.

Puncak Taruko
Sumber : Penulis

Wae keren banget! Kaya lagi di luar negeri gitu soalnya di keliling oleh tebing tebing. Menurut gue spot foto yang bagus lewat Puncak Taruko.. biayanya 5rb/orang, Sepertinya ini milik pribadi ya.. sayangnya rada susah foto di sini, sekalinya ada spot bagus ada gambar lovenya hahhaha. Tapi bagus banget sih pemandangannya dari atas. Kita melanjutkan perjalanan ke puncak Bukit Lawang.

Puncak Bukit Lawang

Sebenernya untuk menikmati danau Maninjau ga perlu ke spot wisatanya cuman karna drivernya ngarahin ke spot wisata kena biaya masuknya 20rb/orang.. dari puncak lawang terlihat jelas danau maninjau. Seperti lagi di danau toba ya hahhahaha setelah puas bersantai seharusnya kita menuju kelok 44 tapi karna kita merasa sudah cukup langsung ke bandara dan lanjut ke kota padang. Kami mampir dulu ke masjid raya untuk solat ashar.

Majid Raya
Sumber : @novijoe

Waah bagus sekali masjidnya berasa banget kalau lagi di padang hahahha. Dari sana kami lanjut ke batu maling kundang. Kami melewati jembatan siti nurbaya. Tau dong cerita siti nurbaya seperti apa hehehe. Sayang sekali batu maling kundang kurang diperhatikan. Padahal kalau misalnya digali lagi dan berbentuk kapal pasti keren banget deh. Karna buka puasa masih lama kami menuju hotel terlebih dahulu untuk istirahat. Kira kira jam 6 pm kami keluar hotel untuk buka puasa. Kami memutuskan untuk makan mie goreng dan nasi goreng di restoran Hayuda. Menurut gue rasanya enak tapi gue lebih suka mie gorengnya.

Sorry ga foto di batu maling kundang dan di restoran hayuda mungkin bisa check highlight di ig : @miragultom

Dari sana kami mampir ke pantai padang untuk makan kerupuk kuah dan duren. Agak ga nyambung sih tapi tancap terus. Kami beli duren pas perjalanan ke bandara. Rasanya mantep! Duren padang tuh rasanya basah maniss enak deh pokoknya. Setelah kenyang makan banyak kami istirahat. Sekitar jam 3 am aku mencoba memesan go shop RM Lamun Ombak untuk sahur. Alhamdulillah ada yang ngambil. Walau hampir semua menu habis tapi gue bisa menikmati kenikmatan ayam rendang. Wah rasanya mantep banget! Wajib banget sih dicoba kalau lagi di padang. Penerbangan kami jam 15.20, kami memutuskan untuk cobain kereta bandara. Hanya dengan 10rb bisa sampe di bandara. Berangkat jam 12.40 sampe jam 1.24. Pokoknya trip padang sangat berkesan!!

Kereta Bandara
Sumber : @novijoe

Selesai sudah trip ke sumbar! jujur masih pingin ke sumbar pas hari biasa biar bisa kalap dengan makanannya 🙂

Pengeluaran

• Hotel di Padang : 116rb
  • Maling Kundang : 20rb
  • Makan di restoran hayuda 45rb

Total sc/3org : 700rban (sudah termaksud makan pribadi dan parkir)

contact person

• Sewa mobil : 081363191191 (weli rental)