Pengurusan dan Biaya Pembuatan AJB

Pengurusan dan Biaya Pembuatan AJB

Hayo.. tau AJB ga?

Yang ga tau AJB, menurut pendapat aku, AJB itu kan artinya akta jual beli. Jadi AJB itu tanda bahwa tanah tersebut sudah kamu beli. Jadi ada peralihan hak dari penjual ke pembeli. Lebih ke bukti sah kamu membeli tanah tersebut. Pastiin ya, setelah kamu beli tanah langsung di urus AJBnya karna kalau tanah ga punya AJB bisa bermasalah.

Yang mengeluarkan AJB ini bisa lewat PPAT (pejabat pembuat akta tanah) atau notaris. Kalau tanah bokap dibuat oleh notaris yang ada di kecamatan. Katanya setiap kecamatan ada notaris. Malah camatnya sendiri bisa jadi notaris.

Nah, kalau kamu ngerti jual beli tanah pasti tau apa itu SHM / sertifikat. Ibarat kata, kalau sertifikat ini tuh dokumen paling kuat. Namanya aja udah sertifikat atas kepemilikan sebidang tanah.

Ketika tanah sudah bersertifikat, harganya akan lebih mahal dari pada AJB. Ngurus sertifikat juga ga murah loh. Makanya banyak warga desa yang mensertifikatkan tanahnya pada saat ada program prona. Apa tuh prona ? Proyek operasi nasional agraria. Proses mensertifikatkan secara massal yang dilakukan oleh pemerintah. Biayanya murah, katanya sih ga nyampe 1jt.

Oke jadi untuk mengurus ini, pertama aku pergi ke rtnya dulu, abis itu ketemu pak kadus / kepala desa / pak rw, cerita kalau mau bikin AJBnya.

Terus data apa aja nih yang dibutuhkan? Karna dibantu oleh pak kadus jadinya inilah daftar yang harus di sediakan:

1. Akta kematian bokap (karna bokap udah meninggal)
2. Ktp yang mau dijadiin nama di AJB
3. Kk
4. Surat tanda sudah setor PBB

Btw, karna tanah bokap ada yang diambil 1.5 meter buat jalan, jadinya tadi ngukur lagi pake meteran. Ku kira diukurnya harus sama BPN (Badan pertanahan nasional) ternyata diukur sama warga juga bisa. Kita ngukur bareng sama pak kadus dan rt sana.

Tibalah saatnya untuk membicarakan biaya.

Jadi, untuk biayanya ada biaya pembuatan AJB itu 6% dari NJOP, terus ditambah pajak penghasilan 5% dari NJOP setelah dikurang NJOPTKP, balik nama SPPT PBB dan biaya yang lain lain.

Kurang lebih prosesnya 1-2 mingguan, tergantung dari yang mengurus. Abis itu tanda tangan pihak penjual dan pembeli. Jadi deh 🙂

Buat kalian yang orangtuanya sudah meninggal ataupun masih ada, lebih baik saling terbuka untuk masalah aset biar ga ada masalah di kemudian hari 🙂

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *