Review eRecycle : Tukar Sampah Daur Ulang Jadi Donasi

Review eRecycle : Tukar Sampah Daur Ulang Jadi Donasi

Ngomongin tentang sampah, pernah kepikiran ga sih 30 atau 50 tahun lagi sampah di bumi ini bakalan sebanyak apa? Jakarta aja dulu.. apakah bisa jadi sebuah pulau?

Aku tau, penggunaan plastik itu udah sangat melekat dikegiatan sehari hari. Kalau haus beli minum: sampah plastiknya bisa sedotan, kantong plastik dan botol minum. Kalau beli baso: plastik untuk sambal, plastik untuk saos, plastik untuk mie/bihun, plastik untuk baso dan kantong pastiknya.

Banyak bangetkan?

Itu belum lagi belanja online..

*banyak sampah kardus karna aku belanja kebutuhan sehari hari lewat online selama pandemi

Memang 2 hal itu agak susah dihindari, dikurangi mungkin bisa. Beli makanan online dan belanja online. Ada beberapa penjual makanan yang sekarang udah ga pake plastik tapi pake tote bag, jadi kita harus bayar tote bagnya. Tapi untuk packaging makanannya tetep pake plastik. Contoh beli kopi literan, tetep plastikkan.

Karna sampah kardus dan botol banyak banget, aku mikir dong ini langsung buang aja nih??? setelah mikir panjang, aku inget pernah download aplikasi namanya eRecycle.

Yang paling aku inget adalah kita kumpulin sampah daur ulang, nanti sampah daur ulangnya diambil sama tim mereka terus dapet uang. Eh tapi bentar dulu.. uangnya ini langsung didonasikan ya, jadi ga bisa kamu tarik.

Seru yaa, bisa berkontribusi sedikit terhadap lingkungan udah gitu dapet feedback uang yang dimana uangnya langsung didonasikan. Melakukan kegiatan yang dimana bisa berkontribusi double.

Yaudah aku kumpulin sampah yang bisa didaur ulang sampe ngerasa cukup banyak. Setelah cukup banyak, baru aku timbang dan aku masukin datanya ke aplikasi.

sampah kardus
sampah kardus
sampah daur ulang plastik dan kertas
sampah plastik dan kertas

Aku sempet ngalamin trouble sama aplikasinya. Aku ga bisa input alamatnya. Setelah konsultasi dengan admin, akhirnya aku bisa input lokasi. Aku berhasil klik Jemput Sampah tanggal 4 Desember 2020. Kata adminnya sih kemungkinan dijemput 1-2 hari.

Di tanggal 8 Des, selasa siang aku di telfon dan di wa, di sore hari sampah yang udah aku kelompokkan berdasarkan jenisnya sudah diambil dan tinggal tunggu updatenya lagi di aplikasi. Katanya, nanti dihitung ulang di bank sampahnya.

donasi sampah erecycle
Donasi Sampahnya masuk!!

Di tanggal 10 Des dananya masuk!!! woww… ga nyangka sampah yang udah aku kumpulin bisa jadi duit dan berguna untuk orang lain.

Setelah itu, aku jadi sering banget kumpulin sampah kardus dan plastik. Walaupun belum semua bisa aku kumpulin, tapi setidaknya aku melakukan sedikit langkah kecil untuk mengurangi sampah.

setelah adanya pembaharuan jadi poin ya

Yuk ikutan kumpulin sampah daur ulang! Melakukan hal yang bermafaat untuk lingkungan, diri sendiri dan orang lain ehehhehe.

Cara penggunaan eRecycle

cara penggunaan aplikasi erecycle

Kalian bisa download aplikasinya di play store maupun app store.

Tunggu apalagi?? yuk buat kalian warga Jakarta, Bekasi dan Depok langsung klik website atau aplikasi eRecycle 🙂

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *