Wisata

Satu hari di baduy Dalam

Masyarakat baduy patuh terhadap adat.

Baduy.. siapa yang tau Baduy? Apa pernah ketemu orang Baduy di Jakarta? Orang baduy tuh yang mana sih? Yang pake baju putih dan item itu ya? yang jalan dari Baduy ke Jakartakan? yapp betul..

Trip kali ini gue pergi ke Baduy dalam. Emang boleh ya? Boleh dong.. tapi cuman boleh sehari aja.. orang WNA ga boleh ke Baduy dalam.. emang katanya mistis gitu ya? Hahhaha itu salah besar! 

Gue start di stasiun tanah abang jam 6.35 naik krl yang ke arah rangkasbitung. Setelah 2 jam lamanya kita sampe di stasiun rangkasbitung. Dari stasiun kita langsung di jemput elf yang bisa diisi 15 orang. Ohiya jangan lupa bawa uang cash ya.. siapa tau nanti mau beli oleh-oleh.

Mobil Elf untuk ke Ciboleger
Sumber : Penulis

Setelah 2 jam perjalanan kita sampe di Ciboleger. Ciboleger ini salah satu jalur untuk masuk ke area Baduy.. jangan lupa Baduy itu ada Baduy luar dan Baduy dalam. Nah Ciboleger ini di luar baduy bukan baduy luar ya hehhehe. Kita istirahat di sini sebentar sekalian makan karna perjalanan untuk ke Baduy dalam tuh membutuhkan waktu 4 – 5 jam. Kalian juga bisa beli makanan dulu karna ada Alfamart.

Setelah makan, sekitar jam 12 kita mulai start jalan. Ga lama dari kita jalan kita sampe di tempat izin masuk ke baduy luar. Nah sebelum perjalanan dimulai gue mau ngasih tau kalau kita di temenin sama aldi, asmin dan sapri. Sebenernya mereka bertiga dari Baduy dalam tapi karna cinta sapri pindah ke Baduy luar.. orang Baduy dalam tuh bisa pindah ke Baduy luar tapi Baduy luar ga bisa pindah ke Baduy dalam. Perjalanan kita naik dan turun melewati rumah warga dan hutan..

Lueit
Sumber : Penulis

Selama perjalanan di Baduy luar gue banyak mendapatkan banyak cerita.. kalau Baduy luar tuh udah tersentuh oleh budaya modern kaya bisa naik kendaraan, bisa menikmati internet, ada listrik, bisa pake sendal, bisa make kaos dan orang Baduy luar tuh bisa ke Baduy dalam tapi cuman bisa sehari kecuali karna ada acara tertentu. Itupun ga lebih dari 3 hari. 

Baduy Luar
Sumber : Penulis

Selama perjalanan banyak yang jualan minum loh jadi tenang aja kalau kehausan hahahha.. warung yang jual souvenir juga ada.. setelah 1 jam jalan kita sampe di gazebo. Katanya banyak jalur menuju Baduy ada yang lewat gazebo, jembatan akar, danau dan ada beberapa lagi.. jembatan di gazebo ini cukup bikin gue ketakutan karna cukup tinggi dan ga pake paku loh! Hanya menggunakan simpul yang kita pelajari dipramuka. 

Jembatan Gazebo
Sumber : @mitsnain

Selama perjalanan gue banyak menemukan rombongan lain. Sepertinya Baduy dalam hari ini akan ramai. Beberapa tanjakan cukup membuat gue cape tapi gue salut sama salah satu temen gue.. badannya emang cukup besar, sering ngeluh cape tapi tetep semangat buat sampe Baduy dalam.. salut banget deh! Jadi buat kalian yang mau ke baduy dibawa santai aja.. jangan terburu” nikmatin aja hehhehe.. 

Jalan cukup nanjak
Sumber : Penulis

Tujuan selanjutnya adalah sampai ke perbatasan.. gue sampe perbatasan setelah 2 jam dari gazebo. Kalau udah sampe perbatasan ga boleh foto”. Kalau masih ngeyel foto” silahkan tanggung akibatnya sendiri.. tapi bukan berarti kalian ga bisa main hp ya.. tetep bisa main tapi ga ada sinyal juga sih hahahha..

Perbatasan Baduy luar dan Baduy dalam
Sumber : @mitsnain

Yuk baca juga: Keindahan pink beach bima

Yang paling teringat banget setelah jembatan ini adalah tanjakan maut.. kenapa gue bilang maut karna emang tanjakannya bener bener naik dan panjang.. nafas gue bener bener ngap banget.. sampe ditarik sama ka nain saking capenya.. dari perbatasan kurang lebih 1,5 jam kemudian gue sampe di kampung Cibeo. Bahagia banget pas ngeliat leuit soalnya dimana ada leuit pasti udah deket sama kampung. Leuit itu tempat untuk naro beras.. sengaja dikasih jarak antara kampung dengan leuit biar kalau case terparahnya kebakaran mereka masih ada persediaan makanan. keren yaa.. udah berfikir ke depan..

Kita nginep di  rumahnya aldi dan sapri tapi berhubung adiknya sapri mau nikah jadi kita semua nginep di rumah aldi. Walaupun mereka sibuk dengan acara pernikahan mereka tetep menyambut kita loh! Salut bangettt.. karna hari makin gelap gue langsung menuju ke sungai.. eh kok ke sungai? Helloo di baduy itu hidupnya bener bener bergantung kepada alam jadi ga ada tuh toilet.. mandi, pup, nyuci ya di sungai.. tapi ga usah takut para wanita.. ada air mancur kok jadi lebih aman untuk mandi walau airnya kecil sekali ngalirnya.. mungkin karna sedang musim kemarau.

Ohiya ga boleh pake sabun sampo odol ya! Jangan mencemari! Dan buang sampah pada tempatnya terutama tisu nihh yang biasa di pake oleh para wanita.. terus kalau ga pake sabun bau dong? Mereka ga bau loh genk!! terus kalau nanti pingin puup malem” gimana? Ya harus ke sungai 🙂 mantepkan tuh.. 

Yuk baca juga: Liburan singkat ke Pulau seribu

Setelah beres beres kita langsung makan malam.. makan malam kita nasi ayam yang dibungkus dari Ciboleger. Makan malem gue ditemani oleh air anget yang dikasih aren.. uu sedappp.. kita juga cerita cerita sama aldi.. aldi tuh fasih bahasa Indonesia loh.. dia juga sering ke Jakarta.. udah pernah ke mall juga hahhha.. tapi ga semua orang baduy fasih bahasa Indonesia.. yang fasih bahasa Indonesia biasanya anak mudanya karna berinteraksi dengan para pendatang yang berkunjung ke Baduy atau engga karna jualan di Jakarta. Para wanitanya jarang ada yang bisa bahasa Indonesia soalnya mereka jarang berinteraksi bukan sombong tapi karna mereka masak dan berladang.. di Baduy dalam juga ga ada sekolah.

Orang orang Baduy tuh patuh loh dengan adatnya.. kalau dibilang ga boleh ya ga mereka lakuin.. selain itu ketika lahir mereka udah ditentuin jodohnya.. kalau misalnya jodohnya meninggal itu yang sulit.. harus mencari pasangan yang ga punya jodoh.. perhatiin juga deh mukanya mirip mirip.. itu karna orang Baduy dalam menikah sama sekitaran masyakarat baduy dalam aja. di Baduy dalam juga ga ada perceraian.. biasanya mereka nikah muda.. umur 17 udah nikah. Banyak cerita sama aldi dan teman teman yang lain.. banyak hal yang kita pertanyakan tentang adat yang ada di Baduy.. Kepokan? langsung lah ke Baduy dalam.. open trip ga mahal kok guys! kalian bakalan dapet arti kehidupan dari sisi orang Baduy dalam 🙂

Sekitar jam 9 kita memutuskan untuk tidur. Ketika tidur ga boleh ada cahaya senter ya guys..

Gue bangun sekitar jam 5.30, langsung ke air mancur untuk cuci muka dan wudhu untuk solat. Pagi pagi tuh udah pada rame loh.. maksudnya orang orang Baduy dalam udah mandi dan melakukan kegiatan sehari hari. Gue juga sempet keliling, rumah rumah di Baduy dalam emang dempet dempet.. Banyak anak kecil di Baduy dalam dan mereka lucu lucu putih putih. Mereka ga pake skin care tapi bening bening.. dan satu hal yang salut kalau kita punya makanan mereka ga minta minta..

Besok ada pernikahan adiknya sapri jadi ada pertemuan di balai desa.. pada kepo pingin ngeliat puun (ketua adat) dan kita ngeliat puun masuk ke balai itu.. katanya sih acaranya seperti ada penyerahan seserahan gitu.. karna udah jam 8 kita balik ke rumah untuk makan dan siap siap. seharusnya kita berangkat jam 9.30 tapi karna sapri masih sibuk dengan pernikahan adiknya jadinya diulur berangkat jam 10.30. Ohiya aldi ga ikut nganter kita karna sibuk dengan mempersiapkan acara pernikahan..

Denger denger katanya untuk acara pernikahan harus memotong ayam kampung sebanyak 100 loh.. Keluarga sapri juga memberikan seperti nasi dan lauk ke setiap rumah.. waw… kekeluargaanya dapet banget..

Kita pulang lewat Cijahe. Perjalanan Cijahe lebih landai dan lebih deket dari pada Ciboleger. Ada perbatasannya juga antara Baduy dalam dan Baduy luar.

Baduy Luar lewat Cijahe
Sumber : Penulis

Setelah 1,5 jam jalan akhirnya kita melihat tower yang artinya udah deket sama Cijahe.. sesampenya di Cijahe kita makan dan istirahat. Jangan lupa mengucapkan terimakasih dan foto bareng sama kang sapri dan ka asmin untuk kenang kenangan..

Bersama teman teman di trip Baduy dalam
Sumber: Pak driver

Perjalanan ke stasiun rangkasbitung kurang lebih 2,5 jam. Sebelum ke stasiun kita sempetin makan duren terlebih dahulu.. untuk tau jatwal krl kalian bisa download trafi. kita berangkat dari rangkasbitung jam 16.05 sampe tanah abang jam 17.58.

Selesai sudah trip gue ke baduy.. banyak banget pelajaran dari masyarakat baduy dalam 🙂

Pengeluaran

  • Share cost 200rb/orang
  • Krl tanah abang-rangkasbitung pp 16rb.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *