PERDANA! Cara Pemula Menanam Hidroponik – Tahap Panen Pakcoy

PERDANA! Cara Pemula Menanam Hidroponik – Tahap Panen Pakcoy

Asik… sudah tahap panen. Panen Pakcoy setelah 4 minggu dari pemberian nutrisi atau biasa disebut dengan 28 HST (hari setelah tanam). Sebenernya mau panen 5 mingguan juga ga papa sih, ketika kita ngerasa sudah cukup besar bisa dipanen.

Pertama kali panen pakcoy di minggu ke 4 beratnya 183gram. Karna aku ngerasa ga puas, 1/2 dari pakcoy yang aku punya, aku panen 7 hari kemudian, alhasil beratnya naik jadi 200graman. Untuk rasanya? ga pait kok. Mungkin pakcoy akan pait ketika terlalu lama dipanennya.

panen tanaman hidroponik pakcoy

Ada cara khusus ga sih dalam panen pakcoy? aku baca di group facebook tuh ada yang 1-3 hari sebelum panen airnya diganti sama air biasa. Salah satu yang ngebuat pakcoy pait itu karna ppmnya terlalu tinggi, jadi tujuan dari 1-3 hari direndem air biasa biar ga pait.

Tapi aku pernah panen dengan cara direndem air biasa selama 2 jam ga pait kok. Aku pernah panen setelah 40 harian dari masa pembibitan atau dari semai, rasanya sudah mulai terasa pait. Agak pait di sini kaya pait makan sawi gitu loh..

panen tanaman hidroponik pakcoy
gendut gendut

Gimana? Tertarik untuk coba menanam dengan cara hidroponik? yuk dicoba. Aku berhasil coba nih.. dan mau coba sayuran yang lain. Kamu gimana?

Yang ketinggalan bisa klik link ini untuk tahap semai tanaman pakcoy dengan hidroponik

klik link ini untuk tahap pemberian nutrisi tanaman pakcoy dengan hidroponik.

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *