PERDANA! Cara Pemula Menanam Hidroponik – Tahap SEMAI Pakcoy

PERDANA! Cara Pemula Menanam Hidroponik – Tahap SEMAI Pakcoy

Aku sering banget loh ngerasa terpacu karna melihat orang. Sama kayak halnya mau belajar hidroponik. Temen kuliah aku si muti lagi seru banget nanam hidroponik. Awalnya, ngeliatin snapgramnya, kok keliatannya mudah ya, kayaknya kuncinya telaten dan konsisten deh.

Sampe dimana mamaku bilang kalau nanem hidroponik tuh susah. Ga tau kenapa, aku langsung terpacu detik itu juga. Kaya mau nunjukin “ga susah kok ma, yang penting telaten”.

Sebelum aku terpacu seperti ini, aku udah masuk group hidroponik, tapi ga pernah aku buka hahahaha.

Oke! aku memutuskan untuk mencoba menanam dengan cara hidroponik. Dalam 3 hari aku nanya sama temen aku si muti, buka group hidroponik, buka youtube dan cari bahan bahan yang sekiranya dibutuhkan.

Di sini ku pake metode wick ya, yang pake baki. Ada lagi metode nft dan dft, cuman itu harus air yang mengalir.

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk menanam hidroponik:

  1. Netpot 5cm
  2. Kain flanel / sumbu flanel
  3. Bak hidroponik uk 40 x 30 x 12 cm
  4. Impraboard Hidroponik / tutup baki ( 9 lobang )
  5. Rockwoal / Rockwool
  6. Bibit
  7. Nutrisi AB Mix
  8. Nampan Semai
  9. Lidi / tusuk gigi
  10. TDS meter (mengukur ppm)
  11. PH meter (mengukur ph air)

yuk buka blog aku tentang menghemat dan menghitung listrik.

Apa aja sih tahap tahap menanam hidroponik?

  1. Semai
  2. Pindah tanam / pemberian nutrisi
  3. Panen

Kali ini, untuk perdana aku coba untuk nanem pakcoy. Aku pake bibit dari panah merah, soalnya ini salah satu yang paling banyak dipake orang.

TAHAP SEMAI

Aku semai di sore hari ya, sekitar jam 4an. tahapnya seperti ini ya:

Tahap semai sayuran pakcoy hidroponik.

1. Siapin rockwool, bibit/benih, air, nampan semai, tusuk gigi, pisau

2. Potong rockwool dengan ukuran minimal 2cm x 2cm menggunakan pisau

3. Bolongi sedikit rockwool dengan tusuk gigi untuk tempat bibit

4. Masukkan bibit kedalam lobang yang sudah dibuat (kalau kesusahaan, tusuk gigi dicelup ke air, nanti tusuk gigi nempel ke bibit)

5. Basahi rockwool dengan air sampai benar benar basah tidak usah sampai tergenang air.

6. Taro ditempat yang gelap atau tutupi agar cepat sprout / pecah benih. Sebenernya ditutup sama ditaro tempat gelap sama aja.. setelah aku melakukan keduanya ya.

Kamu mau denger ceritaku yang lain? check link ini ya..

7. Kalau sudah pecah benih (punya aku, sore semai, pagi jam 7an udah pecah benih), langsung dikenakan sinar matahari agar tidak kutilang. Kutilang itu tinggi kurus kering dan ga bagus dilanjutin.

semai pakcoy hidroponik
benih sudah pecah di pagi hari

8. Dari hari dimana sprout, cukup kamu kenakan sinar matahari setiap harinya dan pastikan rockwool tidak kering. Kalau aku, setiap sore di siram.

9. Ketika bibit sudah muncul 4 daun, berarti sudah bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Biasanya dihari ke 9 seperti itu.

Bibit Pakcoy hari ke 9

Bagaimana? mudah bukan 🙂 yuk coba menanam hidroponik.

Klik link ini untuk ke tahap selanjutnya ya (Tahap Pindah Tanam)

mira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *