Trip Labengki Sombori secara Lengkap!

Labengki sombori atau bisa di bilang raja ampatnya sulawesi. Gue ikut trip Backpackerjakarta ke Labengki sombori. Gue menggunakan sj travel pass ke Kendari. Trip gue ini mulai tanggal 12-14 tapi karna meponya ga sesuai sama penerbangan gue, jadinya gue extend 2 hari. Satu hari awal dan satu hari di akhir.

Yey sampai di Kendari!!! Jadi di Kendari itu ga ada grab car or go car. Adanya taksi bandara dan harganya flat 100k.

Gue nginep di Wisma Indonesia dengan harga 120k. Menurut gue murah pake AC lagi. Karna sampenya malem gue main ke Teluk Kebi dan makan di Seafood Kendari. Satu ikannya 140k ya lumayan lah.

Teluk Kebi Kendari
Teluk Kebi
Sumber: Group Labengki

Pagi hari tiba.. gue beli sarapan deket wisma. Dari wisma belok kiri deket atm mandiri. Karna nasi kuning terkenal di daerah timur jadinya gue memutuskan untuk makan nasi kuning.. yummi lumayan 17rb udah pake ikan.

Jam 8 pagi kita di jemput angkot, perjalanannya kurang lebih 1 jam ke penyebrangan Bokori. Dari penyebrangan gue naik kapal kurang lebih 4 jam karna di tengah jalan sempet berhenti. Gue pake kapal kayu yang bisa muat 30 orangan. Asli sihh gue mual hahhaaha. Sorry ya norak… soalnya emang goyang banget:(

Sesampenya di Labengki kecil gue ke homestay buat naro barang dan makan siang. Nah homestay kita ini sebenernya rumah penduduk yang dijadiin homestay udah gitu listriknya dinyalain malam hari aja. Jadi prepare powerbank yes! Setelah itu gue dan rombongan ke pantai Panjang .

Homestay Labengki Sombori
Homestay
Sumber: @erlyndabangun

Menurut gue pantai Panjang enak buat chill.. soalnya pohon kelapanya banyak banget!! Suka banget sama pantai yang pohon kelapanya banyak.. Di sini bisa bikin tenda guys. Free lagi!!

Baca cerita gue di labuan bajo, Pingin balik lagi!

Pantai Panjang Labengki Sombori
Pantai Panjang
Sumber: @maufiqur

Dari pantai Panjang langsung ke homestay karna sudah sore. Kita makan malem dan perkenalan.. perkenalan tuh udah kegiatan wajib di setiap trip BPJ.

Hari kedua, gue bangun lebih pagi karena mau ngeliat sunrise di Mercusuar. Gue bangun jam 5 pagi. Rada kecewa sih sama sunrisenya rada mendung jadinya ga keliatan jelas banget. Setelah foto foto kita balik untuk mandi dan makan.

Mercusuar Labengki Sombori
Mercusuar
Sumber: @erlyndabangun

Suka sunrise? baca deh cerita gue di gunung prau, sunrisenya indah banget!

Jam 8 gue langsung otw ke Goa Allo. Perjalannanya cukup jauhh sekitar 1.5 jam. Setelah sampe, ternyata Goa Allo lagi surut… banyak bintang laut dan bulu babi.. jadi harus hati” ya guys

Goa Allo Labengki Sombori
Goa Allo

mau liat versi video? bisa buka highlight Labengki di ig gue : @miragultom

Goa Allo Labengki Sombori
Goa Allo
Sumber: @maufiqur

Dari sana gue langsung ke Rumah Nenek. Ternyata Rumah Nenek itu bener ada yang ninggalin loh guys.. sepasang suami istri yang sudah berumur.

Rumah Nenek Labengki Sombori
Rumah Nenek
Sumber: Dok. Penulis

View menuju rumah nenek bagus banget!!! Di kelilingi sama pulau pulau kecil dan gradasi airnya tuh keliatan banget.. keliatan bening. Sampe rumah nenek kita dikasih pisang dan kopi. Pisangnya dikupas terus dijemur baru di goreng. Jadi rasanya legit manis gitu.. Rumah Nenek ini sebenernya udah roboh tapi di sebelahnya ada rumah lagi jadi tinggal di situ deh..

Rumah Nenek Labengki Sombori
Rumah Nenek
Sumber: Dok. Penulis

Setelah dari Rumah Nenek kita singgah sebentar ke pulau yang ada pantainya untuk makan. Jangan tinggalkan sampah ya guys!

Labengki Sombori
Makan Siang
Sumber: Dok. Penulis

Dari sana kita seharusnya ke Goa Berlian tapi karna airnya lagi pasang jadinya kita langsung menuju tujuan utama kita yang tak lain miniatur raja ampat yaitu Puncak Khayangan. Sebelum kesana kita lapor ke kepala desa setempat dulu namanya desa Mbokita. Baru kita ke Puncak Khayangan.

Ternyata cuaca cerah, mataharinya lumayan bikin kulit merah. Jangan lupa prepare pake sunblock biar ga kebakar. Di puncak Khayangan kita harus naik tangga kurang lebih 110 anak tangga dan walla keliatan jelas pulau pulau kecil dari atas..

Puncak Khayangan Labengki Sombori
Puncak Khayangan
Sumber: Temen trip

Kalau kalian mau cari spot lain bisa.. kalian belok ke kanan tapi belum dibuat tangga, baru dibuat pegangannya aja. Harus hati” ya guys!

Puncak Khayangan Labengki Sombori
Baru pegangannya aja
Puncak Khayangan
Sumber: Teman trip

Setelah dari Puncak Khayangan kita snorkling di daerah Puncak Khayangan. Tapi karna ombaknya lumayan tinggi dan ga ada apa apa di bawah laut jadinya gue enggan untuk snorkling. Setelah 20 menit snorkling, kita langsung menuju homestay untuk makan malam dan istirahat. Makanan di homestay enak enak banget!! betah deh hahhaha..

makanan selama trip Labengki Sombori
Makan malam setiap hari di homestay
Sumber: Dok. Penulis

Hari ketiga, hari ini gue ngerasa tidur gue cukup sekali… mungkin karna efek kemarin main air jadi tidurnya lebih lama dan lebih nikmat. Cuaca masih sama kaya kemarin mendung sendu. Hari ini gue ga dapet makan pagi karna makan pagi gue dioper ke makan siang jadi gue ke warung buat nyari sarapan. Ketemu lah dengan ubi goreng yang masih panas.

makanan selama trip Labengki Sombori
Ubi Goreng
Sumber: Dok. Penulis

Sungguh nikmat hidup ini pagi pagi makan ubi goreng ditemanin bapak” yang sedang minum kopi. Itulah kesukaan gue jalan”.. ketemu orang baru, ngobrol ngobrol jadinya nambah teman dan cerita baru.

Jam sudah menunjukan pukul set 8 am waktunya gue siap siap mandi dan cus ke pulau Cinta yang ternyata deket banget. Kalau ke pulau cinta wajib banget sih bawa drone karena ga bakal keliatan bentuk ❀️nya. Di situ juga ada resort tapi sayangnya mahal πŸ™

Pulau Cinta Labengki Sombori
Pulau Cinta
Sumber: Temen trip

Dari situ kita langsung otw ke Blue Lagoon tapi ternyata ada spot yang lebih indah yaitu danau Tobelo. Kita bisa ke sini kalau air sedang surut.. dan ga bisa lama” karna takut pasang. Kalau pasang kita ga bisa keluar. kita lewat goa yang harus berjongkok jongkok untuk ngeliat keindahan danau Tobelo. Watch your head! Tapi percaya deh indah sekali.. kaya hidden place..

Danau Tobelo Labengki Sombori
Danau Tobelo
Sumber: Temen trip

Gue mandi di danau ini seger banget!! Degradasi warnanya terlihat banget. Yang mau berenang boleh tapi hati hati ya soalnya banyak karang. Temen gue ada yang kena karang sampe kakinya berdarah.

Suka sama pantai pink ga? baca cerita gue di bima

Dari sana awalnya mau ke Blue Lagoon tapi karna teman trip ada yang balik ke jakarta jam 7 jadinya kita langsung ke pantai Bokori. Kalau kalian mau ke Blue Lagoon bisa tapi prepare sarung tangan dan sepatu yaa karna kalian harus tracking yang batunya tajem tajem.

Perjalanan menuju Bokori kurang lebih 4 jam. Sampai bokori langsung mandi. Banyak sekali bintang lautnya. Di sini ada yang jual kerang tusuk sambel kacang. 4 tusuk 5ribu. Enak! Dan es kelapa/cendol 10rb. Buat kalian yang mau bilas mandi di sini lumayan mahal ya.. 1 ember kecil 10rb karna air bersih susah. Kalau mau buang air kecil aja bayarnya 10rb.

Pantai Bokori
Sumber: @erlyndabangun

Dari pantai Bokori ada yang langsung ke Airport. Kalau gue balik lagi ke Wisma Indonesia (permalamnya 160rb) karna penerbangan gue besok sore.

Hari keempat, bangun dengan mata sembab karna semalem di telfon bokap yang kangen sama gue. Jam 8 pagi teng gue langsung otw ke Moramo. Sarapan? Cuman minum air putih dan pisang 2 biji dari ka afong dan ka ling ling.

Perjalanan cukup panjang ternyata. Jalanannya ada yang bagus ada yang jelek. Banyak truk dan berliku” kurang lebih sampe air terjun Moramo 2 jam kemudian.

Air Terjun Moramo Kendari
Air Terjun Moramo
Sumber: Penulis

Kita langsung tracking yang menghabiskan waktu 30 menit (jalan santai) kata temen gue sih jaraknya 1km. Jalur menuju air terjun Moramo dari pintu masuk lagi dibangun dan kalau selain hari weekend ga ada yang jualan. Setelah tracking wala sampailah di air terjun Moramo.

Air Terjun Moramo Kendari
Air Terjun Moramo
Sumber: @ling.ling.lie

Seger banget!!! Airnya hijau deres… sayangnya aku ga ikut mandi hanya main main air saja soalnya tiba tiba tanggal merah datang ehehhe. Kurang lebih jam 12an kita pulang karna jam 3 harus balik ke Jakarta. Sebelum ke bandara kita sempet mampir ke tempat oleh” namanya Atifah. Di sana jual oleh oleh mau bagea, madu ataupun kacang mete yang terkenal. Setelah berbelanja kami ke bandara dan pulang.. itulah perjalanan gue ke Labengki. See you on next trip ?

Pengeluaran

• Waktu: 11-15 oktober 2019
  • Budget: pesawat +-400rb (sjtp)
  • Sharecost: 970rb
  • Dana lain”: -+500rb

mira

16 thoughts on “Trip Labengki Sombori secara Lengkap!

1. Jadi kangen Labengki Sombori, pas pertama sampe labengki kecil aja sampe bengong liat airnya yang jernih banget. Tapi selain inget akan keindahan lautnya yg luar biasa, aku juga inget camdig aku rusak di sini gegara nginjek karang, masuk ke laut deh tuh kamera. Hahahaa. Tapi tetep sihh kalo ada rejeki lebih pengen balik lg ke sini… The bestlah Labengki Sombori.. Btw, keren euy blognya detail dan lengkap bgt infonya.

1. parah.. aku langsung jatuh cinta pas sampe labengki kecil. huhuhu sayang banget kameranya:( aku juga pingin bangett. Makasih ka atas pujiannya hihihi.. terbang nih aku.

2. Huaaaa .. kangen Labengki .. iyaaaah kalau ngetrip bareng BPJ ada aja makanan enak-enaknya hihihii
    btw nenek di Sombori itu udah ninggalloh Mirr, you are lucky masih sempet ketemu

1. kalau ngetrip bareng BPJ dapet temen baru hihihi.
      innalillahi wainnailaihi rajiun
      Wah beruntung banget aku.. emang udah tua juga sih ka:(

3. Aku belum sempat ke Sombori Labengki. Ke Kendari pas mau lebaran 2019 saat musim hujan badai jadi cuma kulineran dan belanja kain di Kendari. Sempat juga ke Moramo tapu pas airnya deres banget jadi cuma pepotoan di pinggir. Btw makan malammu di homestay terlihat sangat nikmat dear. Jd kangen juga nasi kuning super endul di Indonesia timur ??

1. wah… sedang tidak beruntung. Semoga bisa ke sana ya ka πŸ™‚
      aduh bener banget.. nasi kuning di indonesia timur tuh ngangenin hehheehe

4. Wah foto-fotonya bagus bangett!! Dan ceritanya juga seruu jd berasa lagi disana. Dari dulu pengen banget liburan kesini…semoga ada kesempatan dalam waktu dekat. Mantap tulisannya!